Judul-Judul ‘Putus Asa’

Ada fenomena cukup menarik di Toko Buku selama beberapa bulan terakhir ini, dimana ada banyak sekali buku baru berlabel dibaca X juta kali. Hal itu dilatarbelakangi oleh penerbitan tulisan-tulisan di situs Wattpad oleh penerbit dalam negeri. Uniknya semua tulisan yang di terbitkan dari wattpad selalu dilabeli dibaca X juta kali. Memang tulisan yang di upload di wattpad akan selalu ter-count berapa jumlah pembacanya sehingga kita sebagai pembaca baru bisa melihat jumlah viewers untuk menentukan pilihan bacaan. Jujur bagi aku itu tidak bisa dijadikan patokan.

Karena…

Menurut pengalamanku sebagai pembaca wattpad, jumlah viewers tidak bisa menjamin bahwa suatu cerita itu bagus baik secara diksi, tata bahasa maupun jalan cerita. Bahkan tulisan yang masih berantakan sekalipun bisa dibaca hingga ribuan kali. Aku pernah membaca tulisan yang jumlah viewers-nya sudah 17ribu tetapi isinya masih acak adul. Tetapi ini bukan jaminan bagi cerita lainnya dengan viewers yang sama.

Kembali ke label X Juta kali tadi, bisa saja memang isinya bagus tetapi bisa juga tidak. Sepertinya itu bagian dari promosi penerbit untuk memberi review singkat kepada pembeli saja bahwa tulisan itu telah dibaca X Juta kali. Tapi jangan lupa untuk tetap berhati-hati dalam memilih karena label tidak bisa menjamin apapun. Tahu kan bahwa label seperti misalnya bestseller artinya penjulannya tinggi dan itu berarti juga bahwa mayoritas orang menyukai hal itu. Tetapi ingat bisa saja selera kalian minoritas seperti aku sehingga label-label seperti itu tidak bisa mewakili pilihan buku kita. Sejauh ini  aku tidak pernah membeli buku karena label bestseller atau dibaca X juta kali. Ketika memilih sebuah buku yang aku pertimbangkan adalah isinya, manfaatnya, dan penting tidaknya buku tersebut.

Jika hari ini kalian membaca buku karena takut dinilai kurang berbobot hanya karena membaca buku yang kelihatan ece-ece, abaikan saja. Atau bagi kalian yang membaca buku berlabel bestseller dan terkenal hanya untuk kelihatan keren. Lupakan! Berhenti melakukannya dan baca buku yang penting bagimu untuk dibaca karena dari sana citra keren itu akan muncul dengan sendirinya.

Aku memiliki teman di IG yang dulunya jika membaca buku yang dia baca hanya yang banyak dibaca orang dan terkenal. Namun, pada akhirnya dia bercerita tidak memperoleh apapun. Aku memberinya saran untuk membaca apa yang ingin dan penting untuk dia baca. Akhirnya dia mulai melakukannya dan dia merasa lebih baik sekarang. Lagian apasih tujuan kita membaca buku, mengetahui sesuatu, memahami dan memperluas pengetahuan. Jika kita saja tidak nyaman dan terpaksa membacanya hanya demi gengsi maka apa gunanya. Sia-sia saja.

Aku memiliki pengalaman juga soal pilihan buku ini. Jadi aku selalu membaca dimanapun tempat yang memungkinkan. Bacaanku pun beragam. Faktanya cover buku terbitan Indonesia itu tipis-tipis. Jarang sekali yang memiliki hard cover. Akhirnya banyak orang mengira aku membaca novel padahal buku yang aku baca bisa saja hukum, politik, kebijakan publik, travel atau bahkan Manajemen ekonomi dan lainnya. Ending-nya saya dianggap remaja galau pencinta novel romance picisan. Tapi siapa peduli, I’m not what they are thinking about. So, I don’t care. Aku tidak berpikir perlu untuk memperbaiki kesalahpahaman tersebut.

Kesimpulannya jangan terkoceh memilih buku hanya karena label atau karena buku tersebut banyak dibaca. Pilih yang perlu dan ingin kamu baca saja, jangan pusing dengan penilaian orang lain. Ambil keputusanmu sendiri karena hanya dengan begitu kamu mendapatkan manfaat yang kamu harapkan dari buku tersebut. So, good luck…

Image by https://img.clipartfest.com

Leave a Reply

