Indonesia Negara Sekuler, Yes or No?

“…paling tidak saya bersyukur tinggal di Indonesia, negara sekuler.”

Eh? Iya kah?

Kok saya baru mikir juga, negara saya sekuler nggak sih?

Okay, pertama menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sekularisme adalah suatu pandangan dalam hidup atau dalam satu masalah yang berprinsip bahwa agama atau hal-hal yang bernuansa agama tidak boleh masuk ke dalam pemerintahan, atau pertimbangan-pertimbangan keagamaan harus dijauhkan darinya.

Atau jika dipersingkat, sekuler adalah paham yang memisahkan antara agama dan kehidupan sosial. Artinya agama tidak diperkenankan masuk ke dunia sosial. Sama seperti yang ada di negara Perancis dimana disalah satu perundangan, mereka tidak memperbolehkan simbol keagamaan di bawa ke ruang publik. Contoh realnya adalah tidak diperbolehkannya wanita muslim mengenakan jilbab di sekolah pemerintah. Saya pikir itu jelas jika mereka menerapkan paham sekulerisme, tetapi di Indonesia, saya pikir tidak terlihat bahwa Indonesia menganut paham sekulerisme atau setidaknya belum hingga hari ini.

100633124_o
Sources: p6.storage.canalblog.com

Kenapa saya meyakini hal itu? Karena buktinya perundangan di Indonesia masih menerapkan beberapa hukum Islam seperti terlihat dalam hukum pernikahan. Untuk beberapa divisi seperti Militer mungkin memang kental dengan paham sekulerisme, tetapi tidak untuk kehidupan sosial. Indonesia masih bukan negara sekuler. Negara ini hanya menerapkan kebebasan untuk beragama bagi warga negaranya dan saya pikir itu bukan bagian dari sekulerisme. Indonesia juga membebaskan warga negaranya untuk membawa simbol keagamaan di ruang publik, seperti pemakaian jilbab, cadar, kalung salib dan sebagainya tanpa ada diskriminasi. Adzan juga masih dibiarkan berkumandang dengan bebas begitupun perayaan keagamaan. Jadi, belum bisa dibenarkan jika Indonesia disebut sebagai negara sekuler. We believe the god. So, this country still in the right way, but we don’t know what will happen in the future time, right?

DyA

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s