“OM TELOLET OM”

Okay! Ini fenomena paling gila yang pernah saya alami. Jadi hari Rabu kemarin tiba-tiba kata “OM TELOLET OM” berada di jajaran Trending Topic World Wide. Nah, saya nggak ngerti juga ini apaan. Yang membuat saya makin syok adalah Yesung Super Junior ikut ngetweet itu, dan tweetnya ada di jajaran teratas. Saking nggak percayanya saya, saya cek itu ada centang birunya nggak. Kan biasanya fans itu suka buat akun yang sama persis sama punya idolnya, takutnya saya salah lihat aja. Dan ternyata setelah saya cek akun twitternya, bener ada postingan itu. Tidak hanya Yesung Super Junior saja, Bambam GOT7 juga membuat postingan yang serupa yang intinya menanyakan itu kata maksudnya apa. Dari sanalah kemudian rasa penasaran saya langsung naik ke permukaan, dan untuk dapet jawaban saya baca itu komentar-komentarnya. Hebatnya nggak ada satu orang pun yang mau ngasih jawaban ketika ditanya apa artinya si kata itu tadi. Karena makin penasaran saya search aja di Google, dan dari situ saya baru nggeh kalau Telolet itu bunyi klakson bus-bus di Indonesia, sedangkan “Om Telolet Om” itu adalah satu kalimat yang ditujukan kepada si supir bus yang berarti meminta supir bus untuk menghidupkan klaksonnya yang unik tadi. *Me: Mental break down*

12
Tweet yang membuat saya mental break down

Jujur, sehabis membaca beberapa berita di berbagai situs tadi, itu dunia saya semacam runtuh gitu saking nggak percayanya saya sama fenomena itu. Om Telolet Om sebenarnya bukan barang baru. Menurut beberapa penelusuran yang aku lakukan di berbagai situs disebutkan bahwa fenomena ini sudah ada sejak lama dan banyak dilakukan anak-anak di wilayah Jawa Timur. Nah loh, jangan-jangan saya juga ikutan lagi, kan saya anak Jatim, Cuma kelupaan aja sekarang. Ya semoga aja enggak, dan lagi faktanya saya justru sangat terganggu dengan bunyi klakson itu karena bikin kaget. Sialnya lagi itu sopir suka bunyiin klakson pas didekat telinga kita saat kita lagi naik motor. Itu jantung serasa mau copot okay, belum lagi kemungkinan kalau kita bisa aja jatuh saking kagetnya. Kan danger banget itu.

13
GOT7 Bambam tweet. See on the top post, he also retweet a news about him self. LOL

Setelah menganalsis beberapa hal, saya pikir fenomena ini bukan suatu hal yang bodoh atau gimana, justru yang saya tangkap poin lucunya itu. Entah karena saya udah sinting dari pagi karena beberapa hal atau memang beneran lucu. Saya nggak tahu juga, tapi yang saya tangkap, ini fenomena memang lucu. Yang membuat hal itu lebih lucu lagi adalah respon teman-teman saya di Twitter. Jadi, komposisi teman twitter saya itu 90% nya adalah orang asing, sedang 10% nya orang Indonesia asli. Berkenaan dengan komposisi teman twitter ini nggak ada maksud diskriminasi atau apapun. Hanya saja gini, orang Indonesia itu hobi upload foto kan, nah saya tipe orang yang nggak tahan sama postingan semacam itu. Oleh karena itulah kenapa kebanyakan teman twitter saya adalah orang asing. Mereka bukan tipe orang yang suka upload foto dan lebih informatif sehingga itu membuat saya lebih nyaman. Saya nggak bermaksud apapun kepada kalian yang suka upload foto, itu teritory kalian, apakah ingin upload atau tidak. Khusus untuk POV saya, saya kurang suka. Kembali ke topik awal, jadi karena kebanyakan teman twitter saya bule, mereka kan pada nggak ngerti ini kata maksudnya apa. Dan seperti yang saya alami, nggak ada satu makhluk pun yang mau ngasih jawaban, kayaknya seneng gitu mereka bikin orang bingung. Konyolnya, itu bule-bule kelihatan frustasi banget dan terus-terusan bikin tweet yang nanyain maksud dari kata-kata tadi. Gimana saya nggak ngakak coba lihat bule-bule frustasi cuma gara-gara hal yang sebenarnya klakson bus daonk. Lama-lama saya nggak tahan juga, dan akhirnya beberapa tweet saya bales dan saya kasih tahu maksud dari kata itu apa. Dan setelah saya jawab, kebanyakan dari mereka cuma like replay saya aja. Mungkin mereka tiba-tiba terserang mental break down kali ya saking nggak percayanya. Entahlah. Jujur nggak pernah sekalipun dalam hidup saya, saya akan mengalami fenomena seperti ini, dimana saya harus jelasin kepada orang-orang asing tadi tentang sebuah topik yang sebenarnya nggak ada penting-pentingnya sama sekali. Biasanya kalau saya chat sama mereka itu untuk hal-hal yang cukup penting saja, misal kalau di blog saya, kadang mereka suka like post saya duluan terus nanti saya bales dengan berkunjung balik ke situs mereka. Dari sana biasanya kita ngobrol tentang beberapa hal, misal soal traveling, motivasi, dan sebagainya. Mereka orang yang friendly ya kebanyakan dan biasanya bisa jadi teman diskusi yang menarik. Belum lagi, sudut pandang mereka terkadang sangat berbeda dengan saya, sehingga kami bisa bertukar pendapat berdasarkan sudut pandang masing-masing. Saya kira itu menarik dan educatif makannya saya nggak pernah sekalipun terpikir kalau suatu hari saya harus jelasin ke mereka apa maksudnya “OM TELOLET OM”. Mental Break Down saya pemirsa. mental break down.

11
Vote yang dilakukan oleh salah satu fanbase Kyuhyun Super Junior

Yang lebih membuat lucu lagi adalah komentar dari teman-teman ELF (Fandomnya Super Junior). Ada salah satu akun yang bikin saya ngakak karena di tweetnya Yesung dia nge-replay gini “Jgn Ikutan ngereceh pls”. Selain itu, ada suatu fanbase Super Junior yang khusus buat Kyuhyun. Mereka ini membuat sebuah vote yang pertanyaannya “If you meet Kyuhyun on the bus, What will you say?” dan jawaban yang menempati posisi teratas adalah…jeng…jeng…”OM TELOLET OM” dengan perolehan angka 61% *Me: Double Mental Break Down*. Please deh, Lu kira Kyuhyun oppa supir bis apa *Elf: Nggak usah jaim, kayak lu votenya nggak itu aja*, *Me: Pura-pura nggak denger, padahal iya. Tuh kan jadi bocorin rahasia saya*. Tapi terlepas dari itu, satu yang saya syukuri adalah Jinyoung B1A4 sama Mark GOT7 masih berada di jalan yang lurus dan nggak ikutan sinting juga. Kalau sampai kemarin mereka ikutan, lihat aja saya unfollow itu akun.

14
Ketika Yesung Oppa sedang khilaf. LOL

Terakhir, setelah saya pikir-pikir lagi fenomena ini bisa saja dijadikan pengalih isu dari berbagai hal rumit yang sedang terjadi di Indonesia. Walaupun kemungkinannya kecil tapi saya pikir mungkin saja. Itu skenario yang biasanya dilakukan negara kita kan. Tapi bisa juga ini murni tren tanpa ada hal yang diusung dibaliknya. Harapan saya tentunya semoga yang benar adalah yang kedua saja. Sekedar kegiatan lucu yang dilakukan masyarakat saja tanpa ada kepentingan dibaliknya. So, ini ceritaku, apa ceritamu. Yang punya pengalaman lebih lucu bisa di share di kolom komentar. Bye.

AnDya

Ps: Yang mau tahu beberapa bunyi klakson kreatifnya supir bus Indonesia, bisa coba berkunjung ke alamat ini https://www.youtube.com/watch?v=cwVj2DrazEw. Dalam video ini klakson supir bus bisa jadi sebuah lagu seperti satu-satu, anak gembala dan lainnya. Yang penasaran silahkan di cek.

Leave a Reply

