Turki and The Sexy Culture

Turki. Siapa yang tidak mengenalnya. Negara yang berada di persimpangan dua benua berbeda ini merupakan salah satu negara dengan keindahan tak terbantahkan. Pertautan dua budaya besar menciptakan harmoni unik namun bersahabat. Bagi saya yang seorang muslim, yang mencintai Eropa tentunya ini bisa menjadi pilihan menarik.

Turki terbagi menjadi 2 wilayah yakni wilayah yang masuk benua Eropa dan Wilayah yang masuk ke benua Asia. Bagi orang Turki mereka lebih senang disebut sebagai European than Asian. Lalu mengapa Turki ini bisa menjadi pilihan menarik bagi musim yang mencintai Eropa? Karena begini, Turki ini memiliki sturuktur tata kota yang lebih ke Europe daripada Asia. Bedanya adalah Turki sangat bersahabat bagi muslim karena Turki merupakan negara Muslim dengan masjid yang berdiri di seantero negeri. Coba bayangkan, kalian akan merasa seperti di Eropa tetapi disisi lain adzan berkumandang dimana-mana dan wanita muslim bertebaran di setiap sudutnya, begitu juga dengan makanan halal. Bukankah itu sangat menarik.

umroh-plus-turki-2

Blue Mosque, Istanbul. Source: rabbanitour.com

Selain itu, negara ini bahkan telah memiliki transportasi dalam kota seperti Tram. Europe sekali ‘kan? Meskipun Kemudian tram yang ada di negara ini masih belum se-modern yang ada di Negara Swiss, tetapi ini salah satu hal yang membuat Turki menjadi lebih terasa Eropanya. Akan tetapi, meskipun berada di persimpangan dua benua, culture Asia di Turki masih sangat kental loh. Penasaran apa itu? Berkendara dengan tidak benar. Ya, berkendara tidak benar banyak terjadi di negara-negara Asia. Nah di Turki pun hal tersebut masih ada juga, dimana terkadang akan terlihat anak-anak yang naik tram dan duduk di pintu keluar tram dengan kaki menggantung di atas aspal. It is danger, right? And I’m sure you’ll find it in many Asian countries.

“Gambar sebelah kiri adalah tram yang ada di Switzerland dan yang sebelah kanan adalah yang di Turki”

Pesona lain dari negeri yang sempat disebut Konstantinopel ini adalah kecintaan masyarakatnya terhadap ragam puspa. Ya, masyarakt Turki sangat mencintai bunga-bungan. Hampir di setiap rumah dan sudut kota kita bisa menemukan bunga cantik berwarna-warni. Tahukah kalian bahwa bunga Tulip yang menjadi kebanggan negara Belanda merupakan bunga asli Turki. Bunga ini lebih dari sekedar bunga bagi orang Turki karena pada tahun 1718-1730  yang dikenal dengan Lale Daftri atau Era Tulip menandai masa damai dimana Kekaisaran Ottoman mencapai kemapanannya di Eropa. Nah, karena terlalu kondang di Belanda, tak banyak orang yang tahu bahwa Tulip sebenarnya bunga khas negara Turki, maka untuk memulangkan kejayaan tulip ke kampung halamnnya, Pemerintah Turki kemudian mengadakan festival tulip yang rutin di gelar setiap tahunnya di bulan April. Kegiatan ini telah dimulai sejak tahun 2006. Festival ini biasanya menampilkan 100 juta kuntum bunga di seluruh taman di Turki, salah satunya yang berada di Gulhane yang masih termasuk dalam istana Topkapi.

12071197_1675886222671834_120848892_n

Festival Tulip, Istanbul. Source: scontent.cdninstagram.com

Tidak hanya bunga, Turki juga terkenal dengan tehnya yang beragam. Menurut cerita yang beredar, kecintaan masyarakat Turki untuk minum teh ini menjadi salah satu rahasia kecantikan wanita-wanita di Turki. Yang lebih menguntungkan lagi, fashion muslim di Turki ini sangat chic dan stylish tetapi tetap berada di koridor islam. So, ini tentu bisa menjadi kiblat bagi muslim di berbagai negara di dunia. Meskipun muslim dilarang menampilkan hal berlebihan tetapi apa iya bisa dibenarkan dengan berpenampilan berantakan. Ingat, islam sangat mencintai kebersihan dan keindahan maka dari itu setidaknya berpenampilanlah dengan rapi dan enak dilihat. Pesan ini khusus untuk teman-teman saya yang kebanyakan kalau berpenampilan enggak banget, atas apa bawahnya apa. Tolong setidaknya jika tidak ngerti fashion berpenampilanlah dengan rapi. Kalian kan muslim tentu harusnya paham bahwa islam sangat mencintai keindahan. Berpenampilan rapi bukan berarti keluar dari koridor islam, itu tergantung bagaimana kalian menatanya. Jadi, pikirkan kembali.

Terakhir, jika kalian pergi ke Turki maka jangan lupa mengunjungi selat Bosphorus. Selat ini diapit oleh perbukitan yang berisi rumah-rumah penduduk Turki. Pemandangan dari atas bukit ini sangat cantik. So, jangan lewatkan.

Selat Bosphorus

Sebuah kapal Wisata di Selat Bosphorus. 09-09-2016. Source: Kompas.com

Hyn

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s