슈퍼주니어 11th Anniversary: Flashback To Oxford University, Reminiscene of Novelist, Books, and Build School in Africa Season 2

Okay! Mwo? AAAAAAAAA!!!! You know…You know that day right? Yeah Uri Super Junior oppaneun 11th Anniversary. Chukadeurimida!!! Wah, time flies fastest. Rasanya masih nggak percaya mereka sudah 11 tahun aja. So, apa sih yang special tahun ini? Tentu saja artikel aku dengan judul terpanjang yang pernah aku tulis…Done! Okay! I’m joke, karena tentu yang spesial dari 11th Anniversary ini adalah habisnya member Super Junior karena semuanya pergi untuk melaksanakan wajib militer. Oh…I feel lonely. I want to see them on the same stage like 11 years ago and do something funniest thing. But I need to waiting more karena mereka akan bersebelas lagi nanti di 2019. Gini nih efek suka kumpulan ahjussi tua. Dikit-dikit ditinggal pergi.

Actually I don’t know what should I write first. There is so many interesting moment of them. But, Yang namanya Anniversary idetik dengan flashback ke masa lalu. Jadi, karena ini 11th Anniversarynya Super Junior maka ayo kita flashback ke masa-masa yang pernah dilalui Super Junior. First, let’s talk about…

Reminiscene of Novelist

cwvwanmuqaane8q

Kyuhyun-Reminiscene of Novelist 2016

Yang Elf pasti udah tahu ini apa? Okay, jadi Reminiscene of Novelist adalah rangkaian konser kedua Kyuhyun oppa yang diadakan di Korea Selatan. Sebelumnya, Kyuhyun oppa sudah melakukan tour Japan-nya bertajuk Knick Knack. Nah, Reminiscene of Novelist ini adalah tour special Koreanya yang resmi dibuka di Seoul beberapa hari yang lalu. Untuk konsep, tahulah kalian, Auntum Lonely Boy that always waiting all the year. Yeah. Why I call him like that? It is because he always make album with the auntum waiting concept. I don’t know why, but I think he needs to get married quickly. *KyuDeathglare* I’m serious oppa. Got married…Dangjang! Jigeum! NOW!!

Okay! Apapun itu, satu yang pasti, aku masih nggak bisa move on dari Cheer Up nya Kyuhyun oppa. Ige jinjja…michigeta naega. Why that’s song are so match with you. You know, I hate that song so much but because you sing it. I don’t have a chance to dislike it. DONE!

Berbicara tentang Autumn Waiting concept, ini telah dimulai sejak Mini album pertama Kyuhyun oppa berjudul “At Gwanghwamun”. Ceritanya dia ini menunggu seseorang di Gwanghwamun di musim gugur dan kemudian orang itu tidak pernah datang *SadForYou*. Nah, Gwanghwamun sendiri adalah salah satu nama daerah di seoul yang terkenal dengan patung King Sejong-nya. Album ini berhasil AllKill di 9 Chart berbeda di Korea.

Di Mini album kedua, kembali, Kyuhyun oppa mengusung konsep Autumn Waiting concept “A Million Pieces”. Kali ini settingnya berada di most beautiful country in the world Swiss, especially Zurich. Aku suka konsep album keduanya karena menunjukkan sudut-sudut cantik kota Zurich. Walaupun  tidak sesukses album pertama, tetapi album ini benar-benar luar biasa. Love it. Oh ya, ini dugaan aku aja. Aku kira alasan mengapa MV dari A Million Pieces ini mengambil setting di Zurich adalah karena saat itu Super Junior ditunjuk sebagai Swiss International Tourism Ambassador. So, That’s why they decided to choose Zurich as a shooting location.

Dan ini dia, Mini Album ketiga Kyuhyun oppa yang lagi-lagi dan lagi mengusung tema Autumn Waiting concept bertajuk “Waiting, Still” dengan dua title track utama yakni “Still” and “Blah Blah”. Berhubung album ini baru akan realease minggu depan. So, just now, I can’t comment anything. I just hope this album will be successful like At Gwanghwamun. Hwaiting Kyu Oppa!

Books

cua0f-jueaafy8r

Tata panggung Yesung Japan Tour “Books”

Yang bertanya-tanya ini apa, yang pasti ini bukan tumpukan buku karena ini adalah konsep untuk Tour Japannya Yesung Oppa. Aku nggak tahu siapa pencetus konsep ini tetapi satu…Two Thumbs for you. I really love this concept without doubt. Jadi, di tour Japannya ini Yesung oppa mengusung tema Books dengan tata panggung seperti sebuah Library dengan kubah tokyo dome yang menakjubkan. Aku katakan ini adalah konser dengan konsep terbaik sejauh ini. I don’t know why, but I feel intersted with it. I think it is because I love books so much and he chose this concept for his concert. Daebaknya lagi, salah satu penggemarnya Yesung oppa adalah seorang penulis terkenal bernama Ryu Murakami. Beliau datang ke konser ini dan memberikan sebuah buku karyanya ke Yesung oppa. Wah, I think that is a cool one. I’m jealous.

A Cup of Coffee A Lot of Syrup

Apalagi ini coba? Pembukaan cafe baru? Sayang sekali bukan, karena ini adalah konsep yang diusung oleh Yesung Super Junior untuk konser pertamanya di Seoul yang berlangsung tak cukup satu atau dua kali tetapi 9 kali. Wow! Berhubung aku pecinta kopi begitu juga oppa. Ini menjadi semacam hal yang sangat menarik. Ada yang mengatakan bahwa ini adalah konser dengan konsep paling cantik yang pernah mereka lihat and I think like that so because this concept are really cool one. Jadi, di konser ini Yesung oppa akan menjadi barista bagi tamu-tamunya yang datang berkunjung. Tidak sekedar menyeduh kopi saja, tetapi juga menggiling kopinya. Totally like barista and I love it so much. I hope to join it but, I don’t get the opportunity. So, maybe next time in the next concert and of course with the fresh different concept. I will anticipated.

Build School in Africa Season 2

cwgdhiwukaaovxn

Super Junior Build School in Africa Season 2

Saat pertama kali mendengar berita ini, satu hal yang aku pikirkan adalah, it is serious? Karena gini, Elf baru aja membangun sebuah sekolah di Tiogola, Africa di 10th Anniversarynya Super Junior kemarin, dan sekarang mereka udah mau bangun sekolah lagi di 11th anniversarrynya Super Junior. Aku hanya berpikir, membangun sekolah bukan hal yang mudah dan tentu memakan banyak biaya, tetapi see…Elf can do this and I’m being surprised okay. You are great Elf. Jinjja Mosida. Jjangida! Yang pasti, ayo terus melakukan hal-hal berguna dimasa depan. Aku pikir ini ide menarik karena inilah charming point kita sebagai fandom. Inilah hal yang akan membedakan kita dengan lainnya. Tidak hanya sekedar beli album, join konser dan fanmeet tetapi juga make something usefull for the other people. Harapan aku kedepan, tentunya sekolah yang akan kita bangun tidak hanya di Africa saja tetapi juga di negara-negara lainnya di dunia. Let’s make our dream comes true to cover the world with the Shappire blue Ocean. ELF Fighting!

Terakhir, jika harus flashback ke masa lalu dan memilih satu hal yang paling berkesan dari Super Junior, maka satu hal yang paling spesial untuk aku adalah ketika mereka menggelar konser pertamanya di London. Masih inget banget gimana lucunya mereka saat trying to speak english hardly. Sampai sekarang pun tiap kali play itu fancam, masih nggak bisa berhenti ngakak gitu. Tapi bolehlah, mereka cukup cool kok, terutama yang paling jago bahasa Inggris, Daddy Wonnie. I’m done with you. You speaking english Fluently.

131109-ss5-london-1

Super Junior, Super Show 5 in London- 9 November 2013

Tidak cukup dengan menggelar konser saja, Super Junior juga mendapatkan kesempatan spesial untuk mengisi sebuah kuliah tamu di Universitas top dunia, Oxford University. Mereka adalah artis Asia pertama yang mengisi kuliah tamu di Oxford University Union Debating Chamber. Kuliah tamu itu sendiri dihadiri oleh 400 orang mahasiswa dari berbagai negara yang sedang menuntut kuliah di Oxford.

131112-sj-with-ouks

Super Junior- Oxford University ( 10 November 2013)

Tema yang diusung untuk kuliah tamu ini adalah Super Junior: The Last Man Standing. Member yang mengisi kuliah tamu ini adalah adalah Kyuhyun, Siwon, Eunhyuk dan Kangin oppa. Dalam kuliah ini mereka berbicara tentang banyak hal, mulai dari tour dunianya bertajuk Super Show 5 yang sedang berlangsung, dimana konser itu telah dihadiri 1 Juta Elf secara total hingga masalah tentang pembuatan musik dan masa-masa pelatihan yang mereka jalani sebelum debut.

“Kami tak pernah membayangkan bakal memberikan kuliah di Universitas Oxford, yang telah memiliki sejarah panjang, jadi kami merasa sangat tersanjung diberi kesempatan ini,” ucap mereka. “Kami berterima kasih untuk semua yang telah hadir dan mendengarkan kami selama kuliah.” (Source: http://www.wowkeren.com)

Wah, Oppadeul neomu mosida. Sekedar tambahan aja, selain pernah mengisi kuliah tamu di Oxford University, Super Junior juga pernah diundang oleh Majelis Nasional Korea (semacam anggota dewan legislatif) untuk memberi kuliah bertajuk “Dunia Menjadi Berwarna Karena K-POP”.

super-junior_1393002491_af_org

Super Junior, Majelis Nasional Korea

Member Super Junior yang hadir untuk mengisi acara ini adalah Eunhyuk, Sungmin, dan Shindong oppa. Dalam kuliah ini Super Junior akan berbicara tentang bagaimana hallyu dikenal di kancah global dan bekerja sama untuk mengembangkan masa depan Korea, karena ya mereka adalah boyband yang sangat berpengaruh dalam penyebaran hallyu sekaligus perekonomian Korea Selatan. So, ini tentu bisa menjadi inspirasi untuk boygroup atau girlgroup lain di Korea untuk lebih show up dan berkontribusi untuk negara. Yeoksi Uri Superman. Neomu mosida and Happy 11th Anniversary Uri Superman. We love you so much and have a nice day.

Hyn

Advertisements

22 thoughts on “슈퍼주니어 11th Anniversary: Flashback To Oxford University, Reminiscene of Novelist, Books, and Build School in Africa Season 2

      1. Tuhan belum berniat memberi jodoh sepertinya. LOL. Lucunya dia nuggunya pasti pas autumn yg identik dengan kesepian, dingin dan daun berguguran. Hahaha. Semacan udh gg da harapan gitu.

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s