‘Lelaki’ Itu Membawa Saya Ke Dublin

“Cinta Wilhemia Baratha tergila-gila pada keteraturan. Semua harus berjalan sesuai rencana. Tidak ada yang namanya ‘di luar prediksi’. Tidak ada perubahan. Segala sesuatunya harus familier…Tidak suka berbagi makanan atau minuman dengan orang lain. Tidak pernah benar-benar merasa nyaman saat berinteraksi, terutama dengan lawan jenis…” (Dublin: 3)

***

Huh! Bagaimana mungkin. Aku jelas sedang bermimpi, hahaha. Tapi… tapi ini nyata. Aku bahkan menampar wajahku untuk memastikan dan sekali lagi ini benar-benar nyata. Pernahkah… pernahkah dalam hidup kalian merasa bahwa sesuatu benar-benar terasa familier? Ya, fiksi yang begitu familier dengan kisah hidup kalian. Jadi…jadi bagaimana mungkin Cinta Wilhemia Baratha bisa memliki karakter yang sama, kegemaran yang sama, mimpi yang sama, dan tipe lelaki yang sama denganku. Kami terasa tak bercelah seperti bayangkan dibalik cermin kaca. Bagaimana mungkin?

irlanda1

Dublin, Irlandia. Source: praca-irlandia.com

Keajaiban lainnya adalah kronologi waktunya yang sangat tepat dengan apa yang aku alami hari ini. Kamu tahu bagaimana ketika kamu merasa seperti melihat masa depanmu lewat sebuah cerita fiksi? Ya, percaya atau tidak aku mengalaminya. Aku nyaris memiliki latar belakang yang sama dengan Mia, saapan akrab Cinta Wilhemia Baratha.

trinity1

Trinity College Dublin. Ini tempat kuliahnya Ragga di Novel Dublin. Source: http://www.tcd.ie

Beberapa waktu lalu, aku berjumpa dengan seseorang  yang kemudian membawaku pada dunia baru yang  juga menjadi dunia Mia. Sampai aku berpikir, mungkinkah aku akan sama dengannnya? Memiliki kisah akhir yang sama, juga lelaki dengan latar belakang yang sama? Entahlah, ini membuatku cukup terkejut dan kehilangan kata-kata. Atau jangan-jangan, Tuhan ingin mem-visualisasikan mimpiku yang baru kusadari melalui cerita hidup Mia. Seseorang pernah mengatakan bahwa selalu ada alasan dibalik pertemuan kita dengan seseorang. Jadi, mungkinkah…? Kukira aku bisa percaya. Bukankah Tuhan selalu benar.

80ff3d685051807c924faf151ba155d3

Guinness Pub. Guinness, the most famous beer in ireland. Source: ocdn.eu

Ketika mengalami ini, hal pertama yang kuingat adalah drama korea terbaru berjudul “W” yang memiliki cerita serupa dimana si tokoh utama wanita, anak sang creator webtoon ternama mengalami kisah bersama tokoh yang diciptakan oleh ayahnya sendiri di seri webtoonya. Hingga beberapa kali sang tokoh utama wanita masuk ke dalam dunia webtoon dan menciptakan kisahnya sendiri. Oke! Aku tahu apa yang kalian pikirkan. Dan lagi, gila jika aku menganggap itu sungguhan bisa terjadi padaku. Hanya saja, ini terasa terlalu familier dimana aku dan juga tokoh utama itu turut berperan dalam dunia fiksi yang diciptakan orang lain dan mengalami kisah bersama si tokoh fiksi sesungguhnya. Ini terlalu nyata untuk diabaikan okay.

Sekarang aku cukup paham mengapa aku tidak pernah tertarik untuk melanjutkan menonton episode dari drama “W” setelah 3 episode pertama. Terlalu mengerikan dan kupikir aku akan bermimpi buruk setelahnya. Tetapi, mungkin tidak dengan novel berjudul “Dublin” ini karena ceritanya cukup manis, namun disisi lain juga sangat realistis dan tentunya berbeda dengan drama “W” yang berlatar pembunuhan. Kalaupun benar terjadi, setidaknya aku tidak perlu melihat darah berceceran dimana-mana dan menjadi target pembunuhan. Selain itu, ada Ragga disana yang menanti dengan senyum manisnya. Eomma…. Cukup. Aku terlalu berkhayal.

csdy-6zusaefd_k

Yuli Pritania “Dublin” cover book

Efek magis lainnya dari novel “Dublin” ini adalah saya cukup bahagia ternyata *Eh. Oh may God, Ragga, kamu membuat saya terpesona. Irish man is so cool by the way. His British accent and how he speaks Indonesian is sounds sexy. Well done. Ragga. Well done. Kamu membuat bahasa saya berubah Ragga *tuh kan, saya lagi, saya lagi*. Jadi, saya harus bagaimana Ragga? Saya… saya… saya tidak tahu bagaimana kembali menjadi aku Ragga…

Ada yang sudah membaca novel terbarunya Yuli Pritania? Jika belum, saya…maksud saya…jebal, aku… aku sarankan untuk membacanya.

Hyn

Leave a Reply

