Call 911

Hai! Morning. Hmm…actually I want to make something fun and serious, but I got hurt yesterday. Not too hurt but still hurt because people who I believe do me. And the most bad condition is the food I make contain so many chili. It’s so spicy, also my hand exposure to hot water. How! How can I’m not crying huh. Okay! forget it. Ah, My image….ahh *stressed out*.

***

croatia-wide-wallpaper-20517

Beautiful town of Croatia

Beberapa tahun terakhir ini, aku sudah cukup kenyang membaca berbagai cerita tentang sulitnya menjadi minoritas di berbagai negara. Bagaimana kita sebagai muslim mengalami kesulitan saat harus menjalankan kewajiban beribadah di negara lain. Kemudian fakta bahwa kita berasal dari negara yang nyaris kehilangan kehormatan di negara seperti Dubai karena terlalu banyaknya orang Indonesia yang bekerja sebagai housemaid di sana. Tunggu, bukan berarti aku meremehkan mereka yang bekerja sebagai TKI. Aku sendiri pun sadar situasi negaraku bagaimana. Tentu kondisi ekonomi mereka menjadi lebih baik dibandingkan jika mereka bekerja di Indonesia. Di salah satu buku, seorang anak FE UI bercerita tentang perjalanannya ke Dubai untuk sebuah tugas kuliah. Suatu waktu dia bercengkerama dengan beberapa orang dan tentunya budaya kita mengajak kita untuk selalu memperkenalkan diri saat berjumpa dengan orang baru. Ketika dia mengatakan “I am from Indonesia”, semua orang yang mendengarnya akan bereaksi serupa.

Ah, Housemaid. There is so many housemaid who come from Indonesia here”, kata mereka dengan wajah biasa saja seakan sedang membicarakan harga cabai yang kembali naik.

Hurt, quite hurt to hear responses like this from them, terlepas dari fakta bahwa itu benar adanya. Tetap saja, tidak mungkin kita mengabaikan fakta bahwa ada jarum kecil yang menusuk hati kita. Bukankah ini tentang pride dari negara kita? Ya, tetapi kita tetap tidak bisa menyalahkan apa yang mereka katakan, bukan? Maka satu-satunya cara adalah bagaimana meskipun kita mengirim banyak TKI, mereka tetap bisa memiliki kualifikasi yang tinggi. Itulah tugas kita sebenarnya, mengirimkan mereka dengan kualifikasi yang tinggi atau menciptakan lapangan pekerjaan bagi mereka di dalam negeri dengan kondisi sama baiknya. Tidak mudah memang, aku pun juga masih abu-abu memikirkannya. So, anggap saja ini PR kita yang memiliki kesempatan mengenyam pendidikan tinggi untuk mengubah wajah Indonesia.

pula-coliseum

Colosseum nggak cuma ada di Italia. Architecture Details of the Roman Amphitheater Arena in Sunny Summer Evening. Famous Travel Destination in Pula, Croatia.

Kembali ke topik minoritas. Selain dua kasus di atas, masih ada banyak kasus minoritas lainnya, seperti muslim di China yang tidak diberi kebebasan menjalankan ibadah mereka, diskriminasi kulit hitam di Afrika dan Edinburgh, atau sekedar hal-hal kecil yang dialami mahasiswa Indonesia di luar negeri. Apapun itu, menjadi minoritas memang tidak terlalu baik. Dua tahun terakhir ini aku juga merasa menjadi minoritas. Konyol. Ya, bagaimana mungkin aku menjadi minoritas di negaraku sendiri, sedang aku cukup sama dengan mereka. Mungkin bukan minoritas yang ketara, tetapi sungguh, aku merasakan dampaknya. Hingga terkadang, I think like someone who come from the stars. Bukan tetangganya Do Min Joon ya, bukan. Fans Do Min Joon di mohon tenang dulu. Oke. Mungkin peran aku bisa lebih prestisius gitu, misal mantannya Do Min Joon kali ya waktu di bintang, sebelum ketemu Cheon song Yi atau atasannya Do Min Joon mungkin. Atau juga fakta bahwa aku sedikit terlalu berkahyal hari ini. Jadi lupakan.

beach-mediterranean-wallpaper-nature-wallpapers

Bukan Belitung, ini Kroasia

Namun, bagaimana pun menjadi minoritas sangat tidak mudah. Fakta bahwa kamu di anggap berbeda dari mereka itu…*think hard*. Hmm… Hey, mereka melakukan tindakan yang benar. Huh, bagaimana mungkin aku sama dengan mereka. No way… No way *Bacanya ala Chanyeol di Lotto ya*. Tentu saja aku harus berbeda. We have different qualified. So……that’s okay then. apalagi bersedih. Tidak. Dan tidak juga berada di jalan yang salah. Ini benar jalan yang harus  dilalui (peta tram-nya bilang harus melewati rute itu dulu). Mungkin lebih tepatnya disebut situasi kurang menggenakkan saja. Tapi  tunggu, ada kesalahan bahasa sepertinya, kalau begini berarti aku bisa menuntut mereka ke meja hijau donk dengan Pasal 335 ayat (1) ke-1 KUHP tentang “tindakan tidak menyenangkan”. *Finger Picking* Exactly!!

Oke. Aku bercanda…

croatia-coast

Beautiful secenery of Croatia make me feel better. Thank You!

Terlepas dari itu, aku sangat berterima kasih kepada 2 polisi oppa yang telah menghiburku kemarin dengan lagu bermelodi sangat menyenangkan, Juga Jang Hyuk oppa. Perjalananmu berkeliling Kroasia cukup menghibur. Jeongmal kamsahmnida karena kalian telah menyelamatkan image yang aku junjung tinggi. Setidaknya ketika aku harus marah dan mungkin perlu melakukan sesuatu nanti maka aku harus tetap berdiri tanpa mengotori tanganku apalagi merendahkan kehormatanku, pride, dan harga diriku, begitu kata Lee Suri ketika ditanya “Apa yang akan dia lakukan jika Kyuhyun berselingkuh?”.

***

“…bagaimana jadinya kalau aku berselingkuh?” tanyanya penasaran.

Suri terlihat berpikir sebentar. “Apa kita masih dalam tahap berkencan?”

“Ya.”

“Well,” Suri merebahkan kepalanya ke lengan sofa dan meluruskan kakinya ke atas paha Kyuhyun, “kalau masih berkencan aku akan meninggalkanmu begitu saja tapi sebelumnya aku akan membeberkan semua kebusukanmu secara langsung. Tidak ada yang lebih memalukan ketimbang tertangkap basah menurutku.”

Tidak seru, pikir Kyuhyun kecewa dengan jawaban Suri.

“Tapi kalau sudah menikah,” Kyuhyun buru-buru menoleh saat Suri melanjutkan bicaranya, “aku akan berpura-pura tidak tahu kalau kau berselingkuh, sementara itu sambil kau asyik main gila dengan wanita di luar sana, mungkin aku akan meracunimu secara perlahan, menumpuk dosis-dosis racun hingga ginjalmu, jantungmu, dan otakmu semua rusak, kemudian dalam 4 bulan aku akan meninggalkanmu yang sekarat, lalu bagian puncaknya adalah kau mati secara alamiah tanpa harus mengotori tanganku apa lagi merendahkan harga diriku untuk membalasmu dengan berselingkuh juga.” (Okky Arista Dinda-Kyuri Victims)

***

Meskipun sekali lagi, aku tetaplah minoritas hari ini, but I fell free. So, YOU BETTER WATCH OUT!!!!

Life just has one stop, but you have thousands of opportunities to make it worth remembering before it stops…-Budi Waluyo

Ps: Setelah membaca ini kemudian dengarkan lagu baru milik Donghae Oppa, Watch Out,  here on https://www.youtube.com/watch?v=n2Uj434FPx0. Oh ya, alasan mengapa aku menyelipkan foto-foto tentang kroasia dalam post ini yang jelas-jelas tidak membahas detail tentang Kroasia adalah karena, aku merasa terhibur oleh perjalanan Jang Hyuk oppa di negara cantik ini. Aku merasa bebas sebagai minoritas. Selain itu, suguhan pemandangan vintage negara ini membuatku merasa sangat baik dan dihargai. So, I love Croatia. Thanks to make me better and free.

Sekedar ngasih tahu aja *Nggak ada yang nanya kali…* tulisan ini aku edit hingga kurang lebih 10 kali saking salah-salah terus. I’m hurt and…and…. and I need someone who come from the stars!!! Do Min Joon-ssi!!!!! Cukup! Indikasi gila. Bye

Hyn

Leave a Reply

