Naked…Naked…Nekad!

The Naked Traveler. Huh… Naked…NAKED?!!! JINJJA NAKED?!!! Begitulah reaksi pertama aku saat lihat review tentang buku The Naked Traveler di sebuah blog travel yang saat itu sedang memberikan rekomendasi tentang buku-buku travel yang seru dan nggak biasa. Mwoya igeo?

13534263_268601370170494_368014540_n
Trinity – The Naked Traveler Series

Nah, berhubung judul artikelnya rekomendasi buku-buku yang nggak biasa maka isinya pun juga nggak biasa termasuk salah satu diantaranya The Naked Traveler. Gila, porno banget ‘kan? Gara-gara buku ini juga, aku sempat mempunyai pengalaman absurd. Jadi, buku pertama yang aku baca dari seri TNT adalah The Naked Traveler 2 karena saat itu buku-bukunya udah mulai langka. Maklum cetakan 2007 dan aku nyarinya di tahun 2014. How’s gap. Jadilah aku baca aja seri dengan angka paling kecil diantara semua seri TNT yang masih ada saat itu. Takutnya ceritanya bakal berhubungan atau ada detail yang akan terlewat kalau bacanya di acak sembarangan. Nah, kebetulan dari semua seri buku TNT, yang paling kecil saat itu ya TNT 2. Akhirnya aku putuskan untuk baca mulai dari seri kedua. Karena kepo yang udah nggak ketulungan aku bawa aja buku itu kemana-mana sampai suatu hari di kampus aku masih nekad baca itu buku dan tiba-tiba temen aku dateng terus baca cover bukunya. Kalau dia cewek sih nggak ada masalah, lah dia cowok, udah ketebak ‘kan pikirannya kemana.

Masyaallah bacaannya… ckckckckck. Begitu dia bilang sambil masang tampang prihatin ala ustad-ustad gitu. Karena nggak mau ada salah paham, aku coba jelasin ke dia kalau bukunya itu nggak seperti yang dia pikirin. Tapi mana mau denger dia. Akhirnya bodo juga dia mau mikir apa. Bahkan Trinity sendiri juga cerita kalau kebanyakan pengunjung blognya salah ngira karena judulnya yang eye catching itu. Begitulah hingga aku berhasil membaca 9 dari 13 seri TNT dalam kurun waktu 1 tahun. Sisanya nggak aku baca karena anthology/ ditulis bersama penulis lain dan sebagian karena punah.

Di tahun 2014, setelah merilis buku yang ke 11 dan 12, The Naked Traveler-Round The World Trip part 1&2, Trinity mengadakan Talk Show and Book Signing di Togamas Solo. Berhubung saat itu aku masih maba (Mahasiswa Baru) dan nggak tahu arah jalan, gagallah rencana buat attend acara itu. Sampai 2 tahun kemudian terdengar berita Trinity bakal rilis buku baru yaitu The Naked Traveler 7 dan sekali lagi bakal ngadain Book Signing di Solo. Nggak mau tahu kali ini harus attend pokoknya dan terwujudlah mimpi itu kemarin Sabtu, 27 Agustus 2016. I was meet with Trinity!!! Iya… mau gila!!

IMG_20160827_145017
Tampang manusia nggak suka foto, Mau apa(?)

Kesan pertama saat ketemu dan lihat langsung Trinity untuk pertama kalinya itu ‘wah, nggak salah dia sebut dirinya sendiri gaban’. Gemuk banget. Kapan nikah? *Eh

Pokoknya begitulah. Di Talk Show itu sendiri, Trinity berbagi pengalamannya keliling dunia yang Trinity banget lah (baca: absurd), mulai dari ketinggalan pesawat, joroknya Cina, sampai rangking negara dengan cowok terganteng versi Trinity *ekhm. Tiba-tiba visul cowok Brazil melintas. Pertanyaan-pertanyaan dari peserta pun nggak kalah aneh misal ada salah satu peserta yang nanya gini “Mbk, kalau hari ini tiba-tiba ditunjuk pak Jokowi buat jadi Menteri Pariwisata, gebrakan apa yang bakal Trinity lakuin?”

Kalau kalian mikir hal-hal serius semacam memperbaiki infrastruktur dan lainnya, salah besar. Tahu apa jawabnnya. Pertama, dia bakal pakai rok yang nggak pernah dia pakai seumur hidupnya, menteri gitu. Kedua, dia bakal kenalan sama ibu Susi Pudjiastuti yang menurut dia kalau dilihat dari tampangnya bakal klop kalau diajak nongki bareng. *Geez.  Ketiga, baru deh dia jawab dengan sedikit serius dimana dia akan memperbaiki situs web Pariwisata Indonesia yang entah gimana kalau di search di mesin pencarian nggak pernah bisa muncul di posisi teratas. Masalahnya kalau sebuah situs apalagi official nggak muncul di pencarian teratas artinya situs itu kalah terkenal dibandingkan dengan situs lainnya yang serupa. Berarti, situs pariwisata kita memang tidak dikelola secara serius. Bahkan Trinity sendiri sempat menemukan versi bahasa inggrisnya yang masih kacau balau. Selain itu, Trinity juga akan menyediakan telepon 24 jam penuh dan membangun counter-counter pariwisata di banyak titik strategis yang bisa melayani  seluk beluk pariwisata Indonesia. Nah, kalau dilihat-lihat nie, semua rencana khayalan Trinity kalau jadi menteri ini kemungkinan terinspirasi dari iPeru. iPeru sendiri adalah sebuah organisasi yang melayani seputar pariwisata di Peru yang sempat membuatnya terkagum-kagum ketika berkunjung ke Peru. Bahkan saking terpesonanya, Trinity turut menuliskan pengalamannya memakai fasilitas iPeru di bukunya TNT-Round The World Trip part 1&2. Kalau mau baca selengkapnya silahkan beli bukunya di toko buku terdekat. *Malah promoin.

IMG_20160828_084939
Trinity sign on my book The Naked Traveler 7

Selain pertanyaan absurd diatas ada juga peserta yang nanya pertanyaan lebih absurd lagi seperti ‘Kapan kawin?’ Atau juga ‘rangking negara dengan cowok terganteng masih Israel atau udah move on?’. Dan masih seperti sebelum sebelumnya pertanyaan itu pun dijawab Trinity dengan kadar humor yang keterlaluan. Happy banget mbk bikin orang mupeng, sakit perut pula karena kebanyakan ketawa.

Oh ya, acara ini nggak melulu bahas Trinity loh, ada juga sesi spesial diungkapnya sosok sahabat jalan misterius Trinity yang juteknya ngalahin aku. Namanya Yasmin dan sekedar itu aja yang semua orang tahu. Walaupun namanya sudah tersebut sejak TNT 2, sosok Yasmin ini nggak pernah sekalipun terungkap sampai sekarang. Sampai kemudian para penggemar Trinity nganggep Yasmin ini nggak benar-benar ada. Hantu apa ya. Tapi mau gimana “No Pic = hoax” ‘kan?

Tetapi tulisan duetnya bareng Trinity di TNT 7 tentang pengalamannya Naik Haji ini mengungkap segalanya kalau Yasmin ini bener-bener ada. Untuk semakin menjawab rasa penasaran semua orang ditampilkanlah Yasmin dalam bentuk lain. Apa? Video? Jangan harap, suara doank. Mana suaranya kedengeran males, tipe-tipe manusia laidback, irit kata, dan jutek pula. Beuhh!! Bayangin hampir semua pertanyaan yang diajuin ke dia cuma di jawab ‘nggak, biasa aja, nggak level sama yang begituan, nggak suka sosialisai, nggak punya sosmed” dengan suara jutek males dan kemungkinan tampang yang nggak jauh beda. Pantes pas aku dapet pertanyaan dari MC ‘kalau dilihat dari tulisannya, Yasmin itu orang yang gimana sih menurut kamu?’. Saat itu aku jawab kemungkinan dia orang yang asik dan lucu. LUCU!! gitu respon Trinity sambil pasang muka shock. Terus dia bilang ke aku “Jangan ketipu sama tulisannya, dia tuh makhluk jutek sebenarnya”. Hahaha. Dan aku setuju 100% setelah denger suara rekamannya Yasmin yang ditampilin sama panitia. Jutek gila. Mungkin karena satu spesies dalam hal sifat jadi aku rasa Yasmin ini orang yang asik dan lucu tetapi orang lain mengganggap tidak karena beda spesies tadi. Kalau ada alat yang bisa mengukur kadar humor dan keasikan manusia, skor kita pasti nggak bakal jauh beda karena kadar humor dan keramahan aku ada dibatas yang sama sama dia. Itulah kenapa aku bisa bilang dia lucu dan asik sedang yang lain nggak.

Selain hal diatas, Trinity juga mengungkap negara favoritnya yang ternyata jawabannya adalah negaranya sendiri, Indonesia *proud dan juga negara impian yang ingin dia kunjungi, Antartika di Kutub Selatan *brrrr. Dinginnya. Tak hanya itu, Trinity juga berbagi cerita behind the scene pembuatan buku TNT 7 yang ternyata 12 judul ceritanya di cut oleh penerbit. *Shock

Nggak ketinggalan juga disalah satu segmen Meet &Greet with Trinity dibahas juga seputar berita di filmkannya seri pertama buku The Naked Traveler yang saat ini masih dalam proses survei lokasi. Pemeran utamanya sendiri adalah aktris muda berbakat yang baru saja menyelesaikan studi S1 nya di Oxford University, Maudy Ayunda. Pasti udah pada tahu ‘kan siapa Maudy.

maudy_ayunda-20151207-009-rita
Maudy Ayunda-Oxford University

Dan sekali lagi kata ‘Naked’ ini menjadi kontroversi. Jadi dalam film nanti judul filmnya bukan The Naked Traveler lagi tapi The Nekad Traveler. Mengapa demikian, karena pihak produser berencana membuat film ber-rated 13+ yang artinya judulnya harus friendly. Bisa-bisa kalau judulnya tetep The Naked Traveler orang tua nggak akan mengizinkan anak-anaknya buat nonton karena judulnya yang kurang senonoh. Selain itu kalau tetap nekad memakai judul aslinya bisa-bisa di banned sama KPI karena nggak lolos izin. Apapun itu semoga sukses untuk filmnya Trinity. Jangan lupa kemarin janji buat ajakin penggemar TNT solo nonton bareng. Ditunggu.

Terakhir, pesan dari Trinity kepada kalian yang ingin jadi penulis bahwa menjadi penulis tak cukup dengan nulis saja, harus lebih dari itu. Kalian harus bisa marketing, promosi dan lainnya. So, jangan lupa belajar dan terus meningkatkan kapasitas diri. Trinity ini hobinya baca loh selain jalan-jalan. Coba deh mulai baca, serius nggak ada ruginya, justru sebaliknya kalian akan mendapatkan apa yang kalian nggak pernah dapatkan.

Kalian pernah bertemu Trinity, boleh diceritakan di kolom komentar. That’s all. See you…

Hyn

Advertisements

6 Comments Add yours

  1. Diah Ayu Retnoning Tiyas says:

    Liked by 1 person

  2. haebaragime says:

    Umm… I don’t know what kind of traveling you like… Tapi kalo disuruh rekomen buku *ga ada yang nyuruh wooy* i would reccommend Agustinus Wibowo’s books…
    Traveling dari perspektif yang baru, ke tempat2 yg jarang jadi pilihan traveler… 🙂

    Like

    1. HYN says:

      I like anything cheap. Hahaha. Actually you are the secound person who recomended that book to me. Belum sempat aku cari, tapi berhubung udh dua orang yg ngasih rekomendasi hrs segera aku cari. Thank you.

      Btw can I ask you something? In 2013 you make a post about Meet the Kims, can you tell me how the feel after meet with them? Soalnya saat aku ketemu Trinity kemarin udah mau meledak rasanya, gimana kalau ketemu Yesung. Semoga nggak sampai masuk RSJ. 😆

      Like

      1. haebaragime says:

        Blog nya ada kok
        Agustinuswibowo.com
        Ceritanya kurang lebih yang di buku…

        Haha…. It was a super awesome experience… Deg deg serrr
        Keke

        Like

      2. HYN says:

        Iya udah aku cek tadi.Keren. Bukunya juga udah lihat di gramed tapi dilirik” dan masih belum kepikiran buat beli. Semoga msh ada.

        HAAAAAA!!!. I’m jealous.

        Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s