…Oppa Gangnam style…

cropped-cheonggyecheon-stream.jpg
Cheonggyecheon river, Seoul South Korean

“…Oppa Gangnam Style…”

Ada yang tahu lirik lagu diatas? Yup, itu merupakan lagu milik penyanyi asal Korea Selatan Psy. Dulu waktu masih baru-barunya lagu ini aku terpikir beberapa hal seperti “Ini lagu apaan sih, nggak jelas banget”. Tetapi tahukah kamu bahwa lagu itu sesungguhnya representatif dari fenomena yang ada di Korea Selatan saat itu dan juga merupakan fakta dari sebuah sejarah panjang milik negara yang terkenal dengan boyband dan girlbandnya ini.

Pada masa perang Korea tahun 1950-1953 sesungguhnya menyimpan sejuta hal yang mungkin sulit untuk kita percaya jika kita kemudian membandingkannya dengan Korea hari ini. Sangat jauh berbeda. Siapa yang tahu Korea hari itu. Buruknya lagi, coba kita ingat ketika Jepang menggempur pearl Harbour milik Amerika hingga kemudian Amerika membalas balik dengan membumi hanguskan Hiroshima dan Nagasaki, terkenal bukan. Lalu bagaimana dengan Korea. Ya, mereka memang terlibat perang tetapi sayangnya hal itu gagal mempopulerkan mereka sama sekali. Siapa peduli, juga siapa yang tahu Korea. Negeri alienkah itu. Negeri miskin penuh masalah dan kondisi sosial yang mengerikan. Jangankan melihat, melirik pun tak sudi.

Kalian yang menyukai K-Pop pasti tidak asing lagi dengan Gangnam dan Apgeujong bukan? Ya, tempat elitnya orang Korea Selatan dari dulu hingga hari ini. Tetapi tahukah kamu betapa mengerikannya Apgeujong yang disebut-sebut sebagai daerah ter-elit itu pada masa perang Korea hingga beberapa tahun setelahnya. Memang disebut elit tetapi bahkan listrik pun sering mati dan pasokan air yang tiba-tiba terhenti adalah hal yang biasa. Sebuah fakta terungkap bahwa orang kaya di Korea bahkan tak lebih kaya dari pada buruh di Liverpool, Inggris. Miris memang saat itu, tetapi lihat hari ini, Korea menggila. Justru aneh ketika orang tak tahu tentang Korea hari ini. Aku benar bukan?

Kembali ke lagu milik Psy, Gangnam Style, lagu itu sesungguhnya menggambarkan tingkah lagu para OKB atau Orang Kaya Baru Korea yang begitu noraknya, contoh kecilnya adalah para OKB yang berbelanja ke pasar ikan dengan mantel bulu. Tentu dimasa transisi seperti itu bukan hal yang mudah. Semuanya nyaris berada di titik limit. Hal itu juga dapat ditemui di negara seperti Kuba yang orang kayanya juga norak keterlaluan.

Lalu apa yang terjadi dengan Korea Selatan sesungguhnya hingga bisa menjadi seperti sekarang. Entahlah, semua orang nyaris tak percaya bagaimana kemudian Korea terpikir bahwa Industri kreatif merekalah yang akan membawa perubahan besar. Padahal hari itu jelas mereka sadar bahwa Amerika masih menjadi Centre of Entertainment. Sintingnya lagi pemerintah mereka bahkan rela menggelontorkan dana hingga triliunan rupiah demi menyelamatkan K-Pop yang nyaris berada di jurang kehancuran dimasa pembentukannya. And… you can see now, Korea benar-benar gila dan menjadi negeri impian banyak orang. Dalam salah satu pertemuan dengan para perancang musik asal Amerika, Park Jinyoung yang merupakan CEO dari agensi musik besar Korea JYP ketika ditanya “Dari negara mana anda berasal? beliau menjawab “Aku datang dari masa depan”. Terdengar seperti mengada-ngada memang tetapi itu bukan sekedar bualan karena nyatanya begitulah yang kita rasakan tentang Korea hari ini. Teralu memikat. Itu faktanya. Lalu bagaimana Hallyu kemudian merajai lini kehidupan setiap orang, curious… Nantikan cerita selanjutnya. Bye-bye…

Hyn

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s