BUKU DAN INSPIRASI

2ge7Pp8R7Vwl

“Membacalah! Mungkin kamu tak akan mengetahui segalanya tetapi jelas kamu lebih tahu dari pada mereka yang tidak melakukannya”-HYN

Beberapa waktu ini aku tersadar bahwa menjadi inspirator itu tidaklah sulit, cenderung mudah malah. Juga bukan untuk orang yang besar dan bergelimang jabatan saja, karena siapapun bisa menjadi inspirator. Dalam dunia Teknik Kimia… Okay! Baiklah aku benar-benar mengatakannya. Ada banyak sekali alat yang di desain untuk meningkatkan kontak antara dua hal. Artinya bahwa kontak langsung adalah solusi paling efektif untuk dapat mempengaruhi orang lain.

Begitupun aku. Ya, aku cukup sulit dalam banyak hal. Maksudnya aku tidak cukup baik dalam beberapa situasi. Tetapi suatu waktu aku mengunjungi toko buku. Ketika sedang menyusuri rak-rak yang berisi beragam buku dalam berbagai genre, aku menemukan suatu buku menarik milik Jane Austin. Salah satu sosok penulis perempuan yang cukup aku kagumi hingga hari ini. Dalam bukunya aku menemukan suatu quotes menarik, bukan milik Jane Austin sendiri tetapi Mangnifield Park. Dalam buku itu dituliskan bahwa “Aku memang pendiam tetapi aku tidak buta”.

Ya, dan aku masuk dalam linier yang sama. Sosok pendiam yang menyebalkan. Tetapi dari situ aku mengambil banyak pelajaran bahwa dalam diam pun aku berbicara. Jadi, yang harus aku temukan adalah bagaimana aku bisa berbagi, berbicara banyak pada orang lain namun dalam situasi yang bisa aku kendalikan. Ya, dan itu adalah dengan menulis dan menunjukkan sikap. Percayalah bahwa walaupun kamu tidak berbicara langsung dan hanya menunjukkannya dalam sikap juga tindakanmu sehari-hari maka orang lainpun bisa terinspirasi.

Aku ingin bercerita, suatu waktu aku membaca sebuah aksi tentang, baiklah, buku. Ya, tentang suatu aksi membaca yang tidak perlu aku sebutkan merknya. Saat pertama kali melihatnya, hal pertama yang kulakukan adalah mengernyitkan dahi karena itu benar-benar mainstrem yang membosankan. Aku bahkan yakin pernah mendengarnya dari seribu motivator berbeda dan percayalah aku benar-benar bosan hari ini. Hey! Aku beri tahu suatu rahasia bahwa motivator itu hanya memiliki kata-kata manis dalam kamusnya, dan kau benar-benar akan terserang diabetes mematikan jika terus-menerus mendengarnya. Jadi, jangan terlampau menyukai kata-kata manis karena ada jutaan kata tidak manis dalam perjalanan kehidupan kita, dan jelas dia memintamu untuk terbiasa juga. Jika kamu hanya menyukai hal-hal yang manis maka hal Itu akan membawamu pada kondisi yang cukup buruk nantinya. Yang perlu kamu lakukan adalah melakukan yang terbaik dan tidak melewatkan kesempatan apapun. Ingat tidak ada hal yang benar-benar mudah. Selalu ada proses dibaliknya. Maka dari itu lalui prosesnya dan percayalah hanya dengan Tuhan.

Jadi, seperti itulah kemudian aku mengambil sudut pandang. Bagiku menunjukkannya dengan tindakan akan jauh lebih menghentak daripada sekedar berbicara. Karena dengan begitu orang akan jauh lebih iri daripada seharusnya dan dia kemudian terotivasi untuk menjadi sepertimu. Misal tentang membaca. Dahulu teman-temanku tidak ada satupun yang melakukannya. Hal paling sering yang mereka katakan padaku adalah “rajinnya”…. Yang lebih ekstrim ada yang mengatakan padaku ketika kami nonton di bioskop “Eh, kamu nggak baca juga dibioskop”. Please I was here to watch the movie okay! Don’t be ‘pabo’ person. Tetapi kamu tahu, hari ini banyak diantara mereka yang mulai mencoba untuk membaca, merencoki koleksi bukuku, dan sebagainya. Artinya, aku membuat mereka sadar bahwa mereka tidak tahu apapun. Bukan berarti aku tahu segalanya. Hanya saja jelas aku memiliki langkah yang jauh lebih panjang dari pada mereka dan mereka mulai menyadari itu. Maka…

“Membacalah. Mungkin kamu tak akan mengetahui segalanya tetapi jelas kamu lebih tahu dari pada mereka yang tidak melakukannya”-HYN

So, masih mau bodoh ditengah perang intelektual? Enggak donk. Maka mulailah untuk membaca dan buat dirimu layak untuk bersaing. That’s all and see you…

Ps: Next post aku akan mengajak kalian jalan-jalan ke Jerman. So, see you in the next topic.
Bye-Bye…

HYN

Leave a Reply

