슈퍼주니어 or BTS (?)

Kamu tahu ketika dalam suatu waktu kamu menyukai dua hal yang berbeda. Kemudian kita menjadi semakin bingung tentang siapakah yang paling kita sukai sesungguhnya. Aku juga. Yah, kukira…, awalnya. Tetapi kupikir tidak serumit itu juga. Dan lagi, perasaan manusia memang begitu dinamisnya. Jadi, itu sesuatu yang wajar jika kemudian kita menjadi demikian. Nah, begitu pun aku, hanya saja sekarang aku paham akan penempatan kedua hal itu. Memang salah satunya mendapat presentase yang jauh lebih banyak dibanding lainnya. Bagaimana itu? Here the answer.

Jika kalian sudah mengenalku, kalian akan tahu bahwa aku memang menyukai Super Junior sejak dahulu kala dan sekarang pun belum berubah. Akan tetapi hari ini aku pikir sesuatu pasti salah denganku karena pada akhirnya aku bisa terpesona juga dengan boyband lain yang belum lama debut dan menyabet 5 penghargaan untuk Rookie of the year di 5 ajang penghargaan berbeda. Ada yang tahu? Iya, itu yang aku jadiin judul artikel yang enggak penting banget ini. Sebenarnya hal pertama yang membuat aku tertarik dengan mereka adalah karena salah satu lagu yang jadi top list mereka “Boys In Luv” hingga kemudian aku jadi makin tertarik setelah tahu bahwa salah satu personel mereka lebih muda dari aku. Please itu the end of the day okay. Pokoknya nggak mau kalau dia lebih muda. Akhirnya aku telusuri, itu makhluk siapa dan…, Oh may god. Damn! How cute he is? No! So, I got attack? Okay. Done! Pokoknya endingnya aku jadi malah suka juga sama itu makhluk yang kemudian aku kasih nama spesial ‘dedek’. Soalnya dia masih lucu banget, kekanakan, dan berasa punya adek juga gitu. Tapi sebenarnya, kalau untuk masalah bias jatuhnya bukan ke dia, tapi lebih ke Gula” Suga yang waktu pertama kali lihat aku bilang dia tua dan memang dia lebih tua juga. And I like the old man. So…, yeah. Okay! Jadi apa sih maksudnya aku nulis hal semacam ini segala. Itu karena beberapa waktu lalu aku baru saja menyelesaikan buku biografinya Steve Jobs dan ada suatu cerita menarik yang kebetulan mirip seperti yang aku alami. Jadi, aku langsung kepikiran sesuatu juga dan akhirnya aku tulis. Are you curious? I will tell you no matter if you said yes or not.

Jadi, dalam salah satu bab di buku biografi milik founder Big Brand Apple, Steve Jobs dikatakan bahwa Steve Jobs sangat menyukai musik-musik karya band asal Inggris, The Beatles. Akan tetapi, salah satu partnernya yang sama-sama mendirikan Big Brand Apple, Steve Wozniak bercerita bahwa Steve Jobs menyukai Bob Dylan juga. Bahkan saking sukanya dengan Bob Dylan, seorang Steve Jobs yang biasanya luwes berbicara sampai diam tanpa kata begitu bertemu langsung dengan idolanya tersebut. Lalu siapa sebenarnya yang lebih disukai oleh Steve Jobs diantara kedua musisi tersebut? Bob Dylan kah atau The Beatles? Wozniak bercerita bahwa Steve menyukai keduanya, untuk Bob Dylan Steve menyukainya karena lagu-lagu yang dibawakan oleh Dylan adalah tentang kehidupan dan nilai-nilai hidup dan apa yang benar-benar penting… Lagu-lagu The Beattles tidak demikian dalam. Bukan berarti lagu-lagu The Beatles buruk. Hanya saja lagu-lagu mereka tidak seberpengaruh lagu-lagu milik Dylan ke jiwa dan emosi. Lagu-lagu The Beatles lebih ke lagu pop atau aku menyebutnya penghibur semata. Nah, bagi kedua Steve ini lagu-lagu milik Dylan lebih bisa menyentuh mereka secara moral dan membuat mereka kemudian berpikir tentang bagimana menjalani sebuah kehidupan dibanding dengan lagu-lagu milik The Beatles, walaupun secara popularitas The Beatles jauh di atas Bob Dylan.

Nah, begitupun juga aku. Iya benar bahwa aku menyukai Super Junior, akan tetapi lagu-lagu milik Super Junior hampir serupa dengan lagu-lagu milik The Beatles yang lebih ke penghibur. Hal itu tentunya berbeda dengan BTS yang kebanyakan track lagunya adalah ciptaan mereka sendiri yang inspirasinya berasal dari pengalaman mereka juga sehingga menurut pendapat aku lagu mereka jauh lebih bisa menyentuh secara moral ke dalam jiwa dan emosi ketimbang lagu-lagu milik super Junior. Sebenarnya Super Junior pun juga cukup banyak mengisi track album mereka dengan lagu ciptaan mereka sendiri, akan tetapi mungkin karena kebanyakan materinya lebih ke dunia percintaan jadi aku tidak setersentuh seperti ketika itu lagu BTS yang membawa materi lagu tentang bagaimana kehidupan itu. Sama seperti Steve Jobs, aku pun menyukai keduanya. Untuk presentase secara umum aku memang lebih menyukai Super Junior akan tetapi untuk materi lagu mungkin bisa dikatakan aku lebih menykai BTS. Tetapi apapun itu, satu yang pasti I’m still ELF and of course our Blue World. So, How about you? Share your story here…

Oh ya, ini salah satu lagu milik BTS yang worth it banget, penuh makna, dan paling aku suka juga karena yang produce lagu ini juga bias aku YoonGi oppa. Daebak!

TOMORROW Romanization Translate

Oh hoho oh hoho oh hoho oh~ (4x)
[Suga] Gateun nal (Gateun nal), gateun dal (gateun dal)
24/7 maebeon banbokdoeneun mae sungan (mae sungan)
Eojunggan (Eojunggan) hannae sarm (hannae sarm)
20daeui baeksuneun naeiri duryeowo cham
Utgiji eoril ttaen mwodeun ganeunghalgeora mideosseonneunde
Harureul beoreo harureul saneun ge ppadeutadan geol neukkyeosseul ttae
Naenae gibuneun control beat, gyesokhaeseo daundoene
Maeilmaeiri ctrl+c, ctrl+v banbokdoene

[V] Gal gireun meonde wae nan jejarini
Dapdaphae sorichyeodo heogongui meari
Naeireun oneulbodaneun mwonga dareugil
Nan aewonhal ppunya

[Jungkook] Ni kkumeul ttaraga like breaker
Buseojindaedo oh better
Ni kkumeul ttaraga like breaker
Muneojindaedo oh dwiro daranajima never

[jungkook] Haega tteugi jeon saebyeogi gajang eoduunikka
[Jimin ] Meon hutnare neon jigeumui neol jeoldaero itji ma
[Jungkook] Jigeum niga eodi seo itdeun
[Jimin] jamsi swieoganeun geosil ppun
[Jungkook] Pogihaji ma [Jimin] aljanha

[Jungkook] Neomu meoreojijin ma tomorrow
Meoreojijin ma tomorrow
Neomu meoreojijin ma tomorrow

[Rap Monster] Uriga geutorok gidarin naeildo
Eoneusae nuneul tteobomyeon eojeui ireumi dwae
Naeireun oneuri doego oneureun eojega doego
Naeireun eojega doeeo nae deung dwie seoinne
Sarmeun sarajineun ge anira saranaeneun geot,
Geureoke saranaedaga eonjengan sarajineun geot
Meong ttaeridagan neo, sseullyeoga
If you ain’t no got the guts, trust
Eochapi da eojega doego mal tende
Haruharuga mwon uimigesseo
Haengbokhaejigo, dokhaejigo sipeonneunde
Wae jakku yakhaejigiman haji gyesok
Na eodiro ga, yeogiro gago jeogiro gado
Nan hangsang yeogiro wa
Geurae heulleogagin hagetji eodironga,
Kkeuchi itgin halkka i miroga

[V] Gal gireun meonde wae nan jejarini
Dapdaphae sorichyeodo heogongui meari
Naeireun oneulbodaneun mwonga dareugil
Nan aewonhal ppunya

[Jimin] Ni kkumeul ttaraga like breaker
Buseojindaedo oh better
Ni kkumeul ttaraga like breaker
Muneojindaedo oh dwiro daranajima never

[Jimin] Haega tteugi jeon saebyeogi gajang eoduunikka
[Jin] Meon hutnare neon jigeumui neol jeoldaero itji ma
[Jimin] Jigeum niga eodi seo itdeun
[Jin] jamsi swieoganeun geosil ppun
[Jimin] Pogihaji ma [Jin] aljanha

[Jimin] Neomu meoreojijin ma tomorrow

[Jin] Tomorrow, gyesok georeo meomchugien urin ajik neomu eoryeo
[Jin/Jungkook] Tomorrow, muneul yeoreo datgien manheun geotdeuri nune boyeo
[J-Hope] Eoduun bami jinamyeon balgeun achimdo itdeusi, araseo
Naeiriomyeon balgeun bichi bichuni, geokjeongeun haji marajwo
Igeon jeongjiga anin ni sarmeul swieoganeun
Jamsi donganui ilsi jeongji
Eomjireul ollimyeo ni jasineul jaesaenghae modu boran deusi

[Jungkook] Ni kkumeul ttaraga like breaker
[Jin] Buseojindaedo oh better
[Jimin] Ni kkumeul ttaraga like breaker
[Jin] Muneojindaedo oh
[Jungkook] dwiro daranajima never

[Jungkook] Haega tteugi jeon saebyeogi gajang eoduunikka
[Jimin] Meon hutnare neon jigeumui neol jeoldaero itji ma
[Jungkook] Jigeum niga eodi seo itdeun
[Jimin] jamsi swieoganeun geosil ppun
[Jungkook] Pogihaji ma, [Jimin] aljanha

[Jungkook] Neomu meoreojijin ma tomorrow
Meoreojijin ma tomorrow
Neomu meoreojijin ma tomorrow

Quotes from BTS Leader:

“Something can be beautiful because there’s something horrible. So, there are tough times. Life can be tough or it can be good. If you can accept that those hard times are part of beautiful moments in life, I think you can truly understand our Hwa Yang Yeon Hwa.” – Rap Monster of BTS.

I have recommended this song also. So, heard it. Maybe up here first and see you again. Bye-Bye.Kiss…

HYN

Leave a Reply

