A + B → C Part 2

Sejujurnya aku tidak memiliki alasan apapun untuk ‘harus’ menjelaskannya padamu. Akan tetapi jika memang kamu begitu penasarnnya maka aku akan memberikan jawaban yang jauh lebih dibanding jawabanku sebelumnya. Dan itu berarti aku sudah berada pada titik kesalku, dan 40% jawabanku mungkin akan terisi oleh rasa kesal itu.

Aku pikir kamu tahu bahwa aku sangat membenci gangguan begitupun makhluk-makhluk pengganggu. Dan kamu adalah salah satunya. Aku terus berpikir tentang bagaimana aku harus menjawabmu dengan rasional dan tanpa perlu perdebatan yang panjang, sedang kita memiliki pemikiran yang jauh berbeda. Dan lagi terkadang aku menjadi mudah meledak. Tetapi hari ini berbeda cerita karena aku sudah menemukan cara itu. Kamu tentu ingat dengan petuahmu sendiri dengan terus berdengung seperti lebah-lebah pengganggu. Dimana setiap saat kita bertemu kamu terus mengatakan bahwa aku harus membaca buku-buku teknik kimia, belajar tentang kimia, fokus dengan kimia dan berhentilah untuk membaca buku lain yang tidak berkorelasi dengan Teknik Kimia. Kamu berkata itu tidak penting dan seharusnya aku hanya fokus pada satu hal. Jika memang begitu maybe I will answer like “Do it, if you trust with it but don’t think to ask me to do also because I would never do that”. Tetapi tentu ini jawaban yang sangat klise, sedang untuk memberitahumu setidaknya aku harus menjawabnya dengan lebih artistik. Apa kamu tidak merasa ter-spesialkan olehku? All clear! Aku akan to the point saja untuk menjawab dengungan lebahmu yang mengganggu itu.

Pertama, aku akan memastikan sesuatu, kamu tidak tahu kan apa yang dibicarakan dosen kimia beberapa waktu lalu. Aku sangat yakin kamu tak mengetahuinya. Tidakkah kamu merasa aneh? bukankah kamu hanya fokus pada kimia dan teknik kimia saja jadi katakan padaku bagaimana kamu tidak tahu apapun eoh? Itu isu yang cukup krusial di dunia kimia. Kamu tidak merasa ada yang salah. Huh! Bahkan dengan lingkup dunia yang kamu bangga-banggakan saja kamu tidak tahu. I’m done.

Kedua, sebagai anak teknik kimia dengan tingkat kefokusan yang sangat tinggi aku ingin bertanya. Menurutmu, apa mungkin satu cairan yang sama dapat bereaksi? Apa mungkin A + A → C + D? Kukira tidak, aku benar bukan? Bagaimana mungkin kamu akan merekasikan satu zat yang sama kemudian kamu berharap untuk terbentuk zat lain. Apa kemudian ketika kamu mencampurkan mie dengan mie bisa menjadi semangkuk mie ayam? Kamu bermimpi bung. You need another ingredients okay. Begitu juga dengan pengetahuan. Apa kamu pikir dengan satu pengetahuan kamu bisa menghadapi segalanya. Bahkan dengan membaca banyak halpun aku merasa bahwa aku tak tahu apa-apa. Aku merasa seperti setetes air di lautan yang luas. Aku masih merasa tidak cukup. Karena dunia itu terlalu luas untuk dipahami segala sesuatunya dengan tuntas. Itulah kenapa kamu harus terbuka. Bukan berarti tanpa batas, tentu saja ada batasnya. Apa itu? Agamamu dan tuhanmu. Itulah batasnya. Kemudian apa kamu pikir aku membaca dan mempelajari segala hal tanpa pertimbangan? Jangan konyol, bahkan makan saja aku harus mempertimbangkan banyak hal. Jadi bagaimana mungkin aku sembarangan dengan nutrisi otakku.

Kamu tentu tahu bahwa aku tidak sepandai bagaimana kamu yang dengan sekali belajar dapat mengerti setidaknya 60%. Lalu bagaimana dengan aku yang mungkin dengan dijelaskan 2 kalipun aku belum tentu mengerti 40%nya. Itulah alasan kenapa aku harus membaca karena dengan begitu aku bisa belajar dari sudut pandang yang berbeda untuk satu topik yang sama. Misal aku pernah belajar tentang kimia dan teknik kimia dari buku yang berlatar belakang filsafat karena hanya dengan cara itulah aku dapat mengerti. Bukan berarti jika aku tidak membaca buku dengan cover mentereng seperti Unit Opertaion of Chemical Engineering by blablablablaba dan ketebalan buku 7 cm aku tidak belajar. Aku juga belajar, tetapi aku belajar melalui jalan yang berbeda. Aku berharap kamu dapat mencerna apa yang aku katakan karena aku bisa menjadi lebih banyak kesal dibanding simpati jika kamu terus mengganggu.

All clear! So, For everyone I will tell you like “Read, being children for curious, and understand”.

The last but not least this article also means congratulation and participation for #WorldBookDay that celebrate on March 4th, 2016 yesterday. So, Happy World Book Day. For me to the world. That’s all. Good Bye… Kiss.

HYN

Leave a Reply

