Teacher’s Day

… Engkau sebagai pelita dalam kegelapan

Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan

Engkau patriot pahlawan bangsa

Tanpa tanda jasa…

Begitulah kira-kira sedikit petikan dari salah satu lagu yang berjudul Hyme Guru karya Alm. Bapak Sartono yang sangat menyentuh hati.

Guru…

Tentu bukan hal yang asing lagi bukan? Ya, sosok yang sampai kapanpun, dimanapun, dan bagaimanapun kamu beliau adalah sosok-sosok yang sangat berjasa dalam perjalanan kehidupan kita. Terkadang aku berpikir bagaimana bisa ada sosok luar biasa seperti ini. Jika saja kita mau mengkalkulasi sesungguhnya hampir tidak ada yang spesial dari profesi guru. Payback tidak juga banyak, kehidupan tidak pasti terjamin baik juga, bahkan terkadang mereka dipandang sebelah mata oleh pemerintah atau bahkan masyarakat umum. Namun, mereka seakan tidak peduli dengan itu dan dengan setulus hati mereka tetap mengajar dengan segala keterbatasan yang ada. Aku ingin bercerita, suatu ketika karena cukup penasaran aku bertanya kepada salah seorang guru di salah satu sekolah di Indonesia tentang apa motivasi mereka untuk mau mendedikasikan diri mengajar, padahal hampir tidak ada yang spesial dari profesi menjadi seorang guru dan kemudian beliau menjawab, mendidik adalah sesuatu yang tidak semua orang bisa lakukan, padahal itu adalah sesuatu yang sangat penting. Selain itu beliau juga mengatakan bahwa melihat anak didik kita menjadi lebih sukses adalah kebahagian yang tidak bisa digambarkan lagi. Luar biasa bukan? Benar kata bapak Sartono bahwa guru adalah pelita dalam kegelapan.

Terakhir satu hal yang mungkin banyak dari kita tidak ketahui bahwa bukan uang yang menjadi motivasi mereka akan tetapi, hanya sebuah harapan kecil bahwa mereka bisa berkontribusi untuk negara melalui keahlian mereka untuk mendidik dan menjadikan generasi luar biasa di masa depan. Selain itu, kemuliaan di hadapan allah adalah tujuan akhir mereka karena dalam sebuah hadis dikatakan bahwa “Tuntutlah ilmu dari ayunan hingga ke liang lahat”. Jadi, untuk para guru di Indonesia dan seluruh dunia “ Selamat hari Guru, selamat berjuang dan salam cinta.

Happy Teacher’s Day…

#AndGiveLOveForAllTeacher’sInTheWorld

see you

_Yyong_

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s