Coffee… Coffee, #InternationalCoffeeDay

wawa

Coffee…

You Like Coffee?? Harusnya tahu donk kapan hari kopi sedunia(?)

Huh! Whatt?? Nggak tahu! Santai, sebagai salah satu pecinta kopi di dunia dengan sangat memalukan aku juga baru mengetahuinya hari ini. Ya, 29 september merupakan tanggal ditetapkannya International Coffee Day yang mana hastag #InternationalCoffeeDay menjadi first Trending Topic World Wide di Indonesia hari ini.

a-cup-of-coffee

Awal mula perayaan ini bermula dari Asosiasi Industri Kopi yang ada di Jepang yang telah merayakan hari kopi sejak tahun 1983. Nah, kegiatan inilah yang melatar belakangi tercetusnya hari kopi sedunia yang digagas oleh Amerika dan ditetapkan sejak tahun 2005. Perayaan ini sesungguhnya hanyalah hari kopi nasional yang diperingati di Amerika saja. Namun, lambat laun ditetapkan sebagai hari promosi industri kopi sedunia. Untuk tanggal sendiri dipilihlah 29 September yang entah karena alasan apa. Uniknya setiap negara jadi ikut-ikutan mencetuskan hari kopi nasional mereka sendiri yang tentunya berbeda satu sama lain. Indonesia misalnya yang memilih 17 agustus tak hanya sebagai Independent day namun juga Nasional Coffee Day. Kemudian 12 September di negara Costa Rica, 1 Oktober di Jepang, 17 november di Nepal dan lain sebagainya. Intinya hampir keseluruhan negara merayakan hari kopi di sekitar bulan September. Hmm… Unique.

Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Tentu nggak mau kalah donk. Sebagai negara penghasil kopi termahal di dunia yakni Kopi Luwak Indonesia tentunya akan menetapkan hari Kopi Nasional mereka juga. Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa Indonesia akhirnya memilih merayakan Hari Kopi Nasional bersamaan dengan perayaan Hari Kemerdekaan yakni pada tanggal 17 Agustus.

Nah, jika ditilik lagi kopi sendiri merupakan minuman yang sudah sangat populer di Indonesia dan di cintai oleh hampir semua kalangan, baik dari kelas bawah di perkampungan hingga kelas atas milik sosialita. Tidak hanya itu, kopi-kopi yang dihasilkan di Indonesia juga sangat beragam dan tentunya berkelas Internasional, sebut saja kopi robusta, Luwak, dan masih banyak lagi. Namun sayangnya, dengan keberagaman sedemikian rupa Industri kopi di Indonesia belum dikelola dengan cukup baik sehingga produk yang dihasilkan pun masih sangat sedikit dan belum banyak di kenal di ranah Internasional. Tentu ini menjadi PR besar untuk para perencana kebijakan di Indonesia mengingat betapa populernya Kopi Luwak di dunia seharusnya Industri ini bisa menjadi ladang penghasilan negara. Tanah yang subur juga menjadi poin plus betapa potensialnya industri ini kelak dimasa depan. Nah, ketika industri ini dikelola dengan sangat baik, kemudian berkembang pesat maka bukan tidak mungkin industri ini bisa menjadi solusi pengganti dari industri rokok yang saat ini menjadi tulang punggung penghasilan masyarakat Indonesia. Padahal, dibalik gemerlapnya industri rokok sesungguhnya industri ini adalah bencana bagi masa depan generasi muda Indonesia dan tentu hal tersebut bukanlah pilihan yang bijak. Apa gunanya kemakmuran jika disisi lain turut menjadi pedang penghancur impian masa depan bangsa. Bukankah sama saja? Jadi, ayo optimalkan Industri Kopi Nasional kita demi masa depan yang luar biasa.

#SalamPerubahan #UntukPesonaBaruIndonesia

Oh ya, berhubung lagi international Coffee Day sekalian deh promosiin kafe suami tercinta saya Woonie Oppa,  Mouse & Rabbit Coffee. *abaikan*. Just Enjoy and please coming if you have a time or maybe have an holiday in south Korea. See you…

 

_Yyong_

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s