” LOTTE diboikot di Korea Selatan karena dianggap ‘KURANG NASIONALIS’ dengan pilih investor Jepang”

크기변환_T15-4
Lotte Duty Free

Kalau Indonesia gimana ya???

Negara-negara di Asia seperti Jepang dan Korea selatan memang memiliki rakyat dengan rasa nasionalisme yang tinggi dan untuk aku pribadi ini menjadi salah satu point yang membuatku iri dengan mereka disamping kemajuan yang telah mereka capai tentunya. Dan aku kira kita nggak perlu kaget lagi, mengapa mereka yang hanya negara kecil bisa mengalami kemajuan signifikan seperti sekarang dan bersaing ketat di pasar global. Korea selatan misalnya, negara ini dulu termasuk negara termiskin di Asia bahkan negara ini sempat membeli produk-produk buatan Indonesia, tapi coba lihat sekarang,

MENGAPA BISA TERBALIK???
Jawabannya sangat mudah karena mereka telah menemukan pemimpin yang tahu apa yang sesungguhnya dibutuhkan Korea Selatan, dan jangan lupakan mereka memiliki masyarakat yg nasionalis namun mereka mau terbuka dengan dunia luar. Selain itu, sekolah-sekolah di sana juga mengajarkan rasa memiliki yang tinggi sehingga menciptakan rasa bangga dengan apa yg mereka miliki. Bahkan artis-artis mereka yang telah mendunia pun tetap memakai bahasa korea dan membawa budaya korea dimanapun mereka berada sehingga mau nggak mau kitalah yang akhirnya harus mengikuti mereka dengan belajar budaya dan bahasa mereka.

Sekarang coba lihat diri kita. Jika perusahaan di Indonesia yang seperti di atas, apa iya kita akan peduli? Jika boleh berburuk sangka jawabnnya akan sangat mengecewakan, mungkin rakyat kita malah akan sangat bangga. Pendidikan kita memang mengajarkan nasionalis tapi nyatanya pelajaran semacam itu tak lebih menarik dari sampah. Kenapa aku berbicara secara frontal, karena memang itu kenyataan di lapangan dan kalau kalian mau tahu aku baru saja menyaksikannya belum lama ini. Dan kebanyakan mereka lebih mementingkan pelajaran utama di jurusan mereka seperti Matematika atau IPA mungkin. Bahkan aku pernah denger ada yg bilang gini ” Ah males ngurusin hal-hal kayak gitu, itu udah ada yg mikir lebih baik gw mikirin jurusan gw sekarang”. Yah bukan sesuatu yg mengagetkan buat aku karena mereka menganggap hal-hal seperti itu bukan hal yg penting karena uang menjadi lebih penting. Dan aku juga takkan munafik bahwa uang memang penting tapi coba lihat sekarang ‘Itu loh hasil cetakan pendidikan kita’. *lirikKondisiIndonesiaSekarang*. Tapi kalau kamu mau tahu mereka itu sesungguhnya makhluk-makhluk yang sangat lucu bahkan lebih lucu dari patrick yang akhirnya memilih berdomisili di gurun sahara sekalipun. Yah maunya enak tapi mereka sendiri nggak mau PEDULI. Tidakkah itu terdengar cukup menggelikan. Think again!

Tapi aku yakin dari 250 juta penduduk di negeri ini, pasti masih ada yg mau peduli. So, Never Give Up ‪#‎GenerasiPeduliBangsa‬

#‎IndonesiaButuhMasyarakatPeduli‬

_Yyong_

Leave a Reply

