Sweet…Sweet…Switzerland… EODIGA??

Hello! Morning. Have a Nice Day guys. Today i think i have a great condition after Renaissance passed. So, let’s talk about happenies topic. What is that?

Here the answer…

Switzerland, pernahkah kamu mendengar nama negara cantik ini? Masih asing. Bagaimana dengan Swiss because Switzerland is international name of Swiss? Oh, ayolah nama ini setidaknya pernah muncul di buku Ilmu Pengetahuan Sosial saat kita masih SMP dulu. Ketika kita membahas tentang PBB tentunya tak bisa terlepas dari negara ini karena ada beberapa markas besar PBB yang didirikan di negara yang disebut-sebut sebagai surga dunia ini, tepatnya Genewa. Okey, aku sangat bersyukur jika kalian masih mengingatnya atau jika tidak, just read my story and you can understand.

europen-valley

European valley, Switzerland

Pernahkah anda bertanya-tanya dimana sebenarnya ibukota Switzerland? Genewa… Bern… Zurich. Yah, inilah nama-nama kota yang mungkin saja salah satunya adalah ibukota negara dengan mata uang Swiss-Frank ini. Jadi beberapa waktu lalu sekitar bulan november tahun 2014 Super Junior melakukan trip ke Swiss yang akhirnya menjadi acara dokumenter One Fine Day. Nah, di acara yang terdiri dari 4 episode ini Super Junior memulai perjalanan dari kota Bern. Ini adalah salah satu hal yang sedikit janggal, mengapa mereka tidak ke ibukota Swiss terlebih dahulu baru kemudian memulai perjalanan ke kota lain. Karena biasanya kebanyakan traveller melakukan hal itu, walaupun tidak menutup kemungkinan yang lain. Tapi ternyata bukan mereka yang salah justru akulah yang salah karena mereka sesungguhnya memulai perjalanan dari ibukota Swiss yakni Bern. Tentu aku sangat kaget waktu itu karena saat pertama kali melihat acara ini masih belum ada yang mentranslate sehingga semuanya masih ditampilkan dalam bahasa korea, tetapi begitu ditranslate disanalah aku mendapati fakta bahwa ibukota Swiss bukan Genewa tetapi Bern. Tentu saja aku mengira demikian, selain banyaknya markas PBB yang dibangun di Genewa kegiatan-kegiatan internasional biasanya sering diadakan di kota ini. Selain itu setiap berbicara tentang Swiss, Genewa selalu disebut-sebut sebagai pilihan utama, tetapi ternyata Bern adalah ibukota sesungguhnya. Dan tahukah teman-teman kenapa aku akhirnya menulis hal yang sebenarnya nggak penting ini, karena kemarin ada salah satu teman Traveller yang juga mengalami hal yang sama. Dia mengira jika ibukota Swiss bukan Bern tetapi Zurich walaupun secara jumlah penduduk dan luas wilayah Bern memang kalah jauh dibanding 2 kota besar di Swiss yakni Geneva dan Zurich.

switzerland-bern-cities-image-286235-fondos

Bern the capital town of Switzerland

Nah, selain nama internasionalnya Switzerland negara cantik ini juga memiliki inisial resmi yang misterius yakni CH yang kepanjangannya adalah Confoederatio Helvetica yang diambil dari bahasa latin. Lalu apa itu Confeoderatio Helvetika? Helvetika adalah nama personifikasi dari negara federasi Swiss. Seperti UK, United Kingdom of Great Britain and Ireland yang menggunakan personifikasi Britania.

Yang paling membahagiakan, negara kecil ini turut menjadi bagian dari traktat Schengen walaupun bukan bagian dari Uni Eropa. Mata uangnya sendiri adalah Swiss-Frank. Alasannya tidak memakai Euro mungkin dikarenakan Swiss-Frank ini memiliki kurs yang lebih kuat dibanding Euro.

Berna,_Svizzera_3

Ibukotanya yakni Bern memang tidak setenar kota-kota lain di Swiss seperti Luzern atau Interlaken. Tapi, bagi kamu yang mencintai kota tua tentu ini bisa menjadi pilihan yang menarik mengingat kota kecil ini memiliki situs yang masuk dalam daftar UNESCO World Heritage Site. Sebut saja Zytglogge yang merupakan wilayah kota tua yang sangat terkenal dengan “jam Gadangnya”, The Clock Tower yang telah berusia ratusan tahun. Selain The Clock Tower kota ini juga memiliki munster/ katedral yang menjadi tujuan para wisatawan karena arsitekturnya yang unik. Bahkan beberapa bangunan tua di Zytglogge masih dimanfaatkan sebagai pusat pertokoan hingga sekarang. Kalau kamu mungkin tertarik untuk melihat maskot dari negara Swiss kamu bisa datang ke The Baren Square dan jika musim panas anda bisa menjumpai Finn-Bjrok-ursula, yakni tiga beruang lucu yang menghuni taman beruang ini.

dsc_01141

Beautiful Switzerland

Atau mungkin anda suka yang sedikit mendaki-daki di Bern sendiri anda bisa mengunjungi perbukitan Gurten. Disana anda bisa hiking, bersepeda, atau sekedar bermain-main dengan anak-anak lokal.

e9ea905389093ce4

Kapell Brucke-Luzern

Bosan dengan Bern anda bisa mengunjungi Luzern misalnya yang terkenal dengan Kapel Brucke yakni the oldest wooden bridge with a roof in Europe that built in 1333. Atau jika anda pecinta Ski dan ingin mencoba serunya paragliding anda bisa mengunjungi Zermatt yang menjadi tempat impian para pecinta ski di seluruh dunia. Dan masih banyak keindahan maupun keseruan yang bisa anda nikmati di negara dengan penghasilan paling wow di dunia ini. Oh ya untuk masalah transportasi tak perlu khawatir karena Swiss memiliki transportasi publik yang sangat baik seperti Bus, Tram, dan kereta. Walaupun negara ini mahal, kecantikannya sebanding dengan harganya loh teman-teman. Jadi, yang sudah berniat kesana udah berangkat aja, rekening jebol dikit nggak pa pa lah. Dan bagi yang masih bermimpi jangan menyerah believe that you can go there…

See You on the next post

shfly

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s