Budiman Sujatmiko

url

Mungkin nggak banyak yang tahu tentang sosok yang satu ini, kenapa? Karena memang beliau ini baru sering terlihat semenjak diadakannya pemilu presiden di tahun 2014 silam. Yah anggota DPR dari fraksi PDI perjuangan ini memang memiliki sisi yang berbeda dari kebanyakan politisi, khususnya anggota DPR. Usianya yang masih muda dan gaya bicaranya yang menarik langsung membuat banyak masyarakat meliriknya. Nah dari sekian banyak hal ada satu sisi dalam diri beliau yang membuat saya langsung terpikat, Apakah itu? Nanti dulu, karena sebelum itu saya mau bercerita sedikit tentang sejarah hidup dari seorang Budiman Sujatmiko.

Berbicara tentang Budiman Sujatmiko tak bisa terlepas dari sejarah Orde baru. Yah menjadi orang yang vocal memang menjadi tantangan tersendiri di era orde baru. Tidak adanya kebebasan berbicara mendorong seorang Budiman Sujatmiko untuk berani dan lantang menyuarakan aspirasi masyarakat yang tak mau mengambil resiko dan memilih bungkam. Nah karena keberanianya itulah dia sempat ditangkakp dan dijadikan tahanan politik sebelum akhirnya dibebaskan pada masa pemerintahan BJ. Habibie. Pria beristri orang minang ini pertama kali menginjakkan kaki di senayan pada pemilu leglislatif tahun 2009 silam dan kemudian terpilih kembali di pemilu yang baru saja diadakan di tahun 2014. Lalu apa yang membuat seorang Budiman Sujatmiko begitu menarik? Sebelumnya saya tekankan ini adalah pendapat pribadi saya dan mungkin orang bisa saja menilai beliau dari sisi yang lain.

Ceritanya suatu hari saya melihat program televisi di salah satu Tv nasional dan kebetulan bang Budiman ini menjadi salah satu bintang tamu bersama 3 anggota DPR lainnya yaitu Mutya Hafids mantan wartawan metro tv yang sekranag menjadi angota DPR dari fraksi golkar, kemudian ada Fadli Zon wakil ketua DPR dari fraksi Gerindra, dan Akbar mantan wartwan dan pengusaha yang menjadi anggota DPR fraksi Nasdem. Nah ketika itu si presenter menunjukkan satu foto berbeda pada masing-masing anggota DPR, dan meminta setiap anggota untuk memberikan komentar pada foto yang ditunjukkan pada mereka. Yang menarik adalah dari semua foto yang ditunjukkan hanya bang Budiman aja yang dapet foto dari kalangan selebritis. Tahu donk siapa pemilik branding “Maju Mundur Cantik”. Yap itulah foto yang di peruntukkan untuk bang Budiman. Lalu apa komentar beliau, menurutnya syahrini adalah sosok artis yang dulunya tak begitu bersinar. Namun, karena keunikannya dia berhasil menyeruak dan mampu menonjol dengan caranya sendiri. Sama seperti sosok presiden baru indonesia, Joko Widodo, Siapa yang akan menghitung seorang seperti jokowi untuk menjadi orang no 1 di Indonesia. Tentunya hampir tidak ada, namun tanpa disadari beliau keluar dari pojokan yang tak pernah kita sangka dan menjadi orang yang begitu luar biasa. Begitulah kira-kira analogi yang dikatakan oleh bang Budiman, Lalu sisi manakah yang membuat saya langsung terpikat dengan beliau? Jawabannya benar-benar sepele yaitu hanya karena sederet kalimat motivasi yang beliau katakan di depan ratusan mahasiswa Universitas Andalas yang bunyinya “ selalu ada kemungkinan bagi anda juga, untuk menonjol di bidang yang kamu geluti, walaupun mungkin dianggap remeh, direndahkan, dan dipandang sebelah mata. Artinya apa, jadilah orang yang punya karakter, saya belajar dari syahrini dia bukan cuma mewarnai dunia artis tapi dia adalah warna yang berbeda dari yang lain, maka jadilah berbeda”. Karena ketika kamu berbeda maka kamu akan mudah terlihat diantara jutaan manusia di dunia. Ya itulah kalimat dari bang Budiman yang membuat saya begitu termotivasi untuk menggapai mimpi saya menjadi sebuah ‘Matahari’ yang bersinar diantara jutaan hal yang sama-sama bersinar. (Shfly)

Cheers!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s