Calla Sun

10430407_731551313573739_7099764560113967734_n

Calla Sun Cover Book

Calla sun, bagi para penggemar Yuli Pritania tentu udah nggak asing dong sama judul diatas. Ya, Calla Sun merupakan satu-satunya novel bersetting Indonesia yang ditulis oleh penulis berbakat Yuli Pritania. Tapi disini aku nggak akan bahas secara detail tentang isi dari novel tersebut tapi lebih ke pengalamanku saat baca novel ini.

Pertama tahu soal novel ini pas lagi ehm ‘bersih-bersih’ following di twitter , terus nggak sengaja lihat TL temen yang lagi heboh sama novel ini. Pas aku cek ternyata itu novel barunya Yuli Pritania. Berhubung aku salah satu penggemar tulisannya dia langsung aja deh aku cari tahu seluk-beluknya. Lalu apa yang bikin aku tertarik buat baca novel ini? Jawabannya adalah karena judulnya yang ‘aneh’. Ya…. Calla sun, berhubung aku nggak ahli dalam hal filosofi jadi mending kita cari tahu jawabannya di novelnya langsung .

Nah setelah aku selesai baca novelnya hal pertama yang pengen aku lakuin adalah ‘MENGUTUK’ penulisnya. kenapa? karena ternyata itu adalah hal yang sepele ,Jadi Calla maksudnya adalah ‘bunga lili’ dan Sun adalah ‘matahari’, jadi apa istimewanya, ternyata si penulis ini terinspirasi dari salah satu nama candi yang terletak di Bandung ,Jawa Barat yaitu candi ‘kalasan’. Jadi calla cewek blasteran Indonesia-Irlandia itu pulang ke Indonesia untuk menemui calon tungannya yang bernama Ian. Ian merupakan CEO sukses yang dingin dan nggak banyak bicara, sedangkan Calla adalah cewek ceria yang cerewetnya minta ampun. Nah si Ian ini gg suka sama si Calla. Suatu ketika Ian berencana melakukan ritual tiap bulannya yaitu hiking di pegunungan di daerah Jawa Barat. Tanpa sengaja Calla mendengar rencana tersebut dan merengek untuk ikut hiking. Berhubung si Ian ini tahu kalau Calla adalah orang yang ceroboh dan nantinya pasti bakal nyusahin dia akhirnya mau gg mau Ian mengubah rencanya yang sebenarnya mau hiking jadi jalan-jalan aja di sebuah desa di lereng gunung di Jawa Barat. Walaupun Ian sering ke Jawa Barat ternyata si Ian ini nggak tahu kalau ada tempat wisata di lereng gunung yang bernama candi Kalasan. Atas rekomendari dari ibu-ibu yang tinggal di desa tersebut akhirnya Ian memutuskan untuk jalan-jalan ke candi kalasan. Karena Calla lebih lama tinggal di Irlandia Calla pun tidak tahu tentang cerita candi tersebut dan menanyakan begitu banyak hal kepada seorang Guide yang memandu mereka selama berkeliling candi. Begitu mendengar nama Kalasan si Calla merasa Ian mengejeknya karena namanya yang aneh, padahal saat itu Ian sedang menjelaskan bahwa nama candi tersebut adalah kalasan. Begitu menyadari kebodohannya Calla hanya bisa tersenyum malu. Tapi disisi lain Ian pun baru menyadari kesamaan nama candi tersebut dengan calon tunangannya itu.

Cerita pun berlanjut ketika mereka sedang berkeliling area candi dimana tanpa sengaja Calla yang berdiri membelakangi matahari terlihat bersinar seperti peri lantaran bajunya yang putih dengan pancaran sinar matahari dari arah belakang tubuhnya dan tanpa sengaja Ian menyebut CallaSun yang maksudnya adalah Calla dengan Sinar matahari yang menyinari. Kurang lebih sih gitu ceritanya. Kreatif bukan? Tertarik untuk baca. Silahkan dapatkan novelnya di took buku terdekat.

-Yyong_

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s