This Earth of Mankind: A Way to See Cool Indonesia

Saya pernah mendengar kalimat seperti ini “Seorang penulis pemula akan berbicara tentang dirinya sendiri sedangkan seorang penulis hebat akan berbicara tentang orang lain”. Memang. Lagian apa sih yang lebih menarik bagi seorang penulis pemula selain dirinya sendiri? Hanya itu topik yang kita tahu betul kebenarannya. Karena itu Pram bagi saya adalah bagian dari si penulis [...]

Iklan

How To enjoy J. Austen – Pride & Prejudice? Upgrade Ver.

“Jemariku,” kata Elizabeth,“tidak menari di atas piano ini selincah jemari banyak wanita lain. Kekuatan dan kecepatannya berbeda, dan ekspresi yang dihasilkannya pun berbeda. Tapi, aku selalu menganggap hal ini sebagai kesalahanku sendiri—karena aku tidak mau repot-repot berlatih, bukan karena aku percaya bahwa jemariku tidak memiliki kemampuan yang sama dengan jemari para wanita yang lebih mahir.” [...]

Story of The Blacksuit 2

Masih tentang Balcksuit, this is the second part. Enjoy... Tentang Music Video Berbicara tentang music video ada beberapa hal yang membuat aku kurang puas. Pertama tentang alur MV-nya yang terbalik tapi kurang sistematis, semacam flashback. Analisaku sih, mereka memilih alur mundur karena mereka ingin menyembunyikan pelaku pencurian Blacksuit dalam sebuah acara pelelangan. Anehnya, begitu MV [...]

Story of The Blacksuit 1

Warning: Tulisan ini akan sangat panjang jadi aku akan menjelaskan rinciannya kepada kalian. So, gini, comeback Super Junior kali ini bagi aku pribadi sangat special banget. Banyak sekali momen luar biasa yang terjadi selama proses pembuatan album “PLAY”, maka dari itu aku akan membaginya menjadi 2 bab besar Blacksuit Part dan One More Chance Part. [...]

One More Chance (슈퍼주니어) on Review

Semalam Super Junior merilis Pre-realese song “One More Chance” untuk  album ke-8 mereka “PLAY”. Jujur agak kaget karena schedule perilisan dan teaser lagu One More Chance keluar di waktu yang bersamaan. Sedangkan antara teaser dengan full music video hanya berjeda selama beberapa jam saja. Awalnya aku pikir, mungkin masih besok sore seperti yang biasa mereka lakukan [...]

Penjajahan Era Kini

Hari-hari ini PKI sedang hits-hitsnya menjadi topik perbincangan di Indonesia. Apa menariknya coba? Suju lebih populer ‘kan? Ah lupakan, bukan itu juga yang ingin aku bicarakan. Karena PKI sedang berada di puncak popularitas (aku membicarakannya ternyata), banyak orang berpikir “oh ini situasi yang sangat berbahaya, bagaimana jika yang terjadi dimasa lampau terulang kembali? Akan dibawa [...]

What I talk About When I Talk About Bullying

Topik bullying itu untuk aku sama membosankannya dengan topik pendidikan di Indonesia. Seperti tidak ada solusinya. Jadi lupakan saja. Oh, tidak. Baiklah. Tentu bullying sesuatu yang sudah seharusnya tidak boleh terjadi. Akan tetapi akhir-akhir ini kasus bullying semakin gencar saja dilakukan begitupun level bullying-nya yang kian sadis. Naik level ceritanya, menyesuaikan diri dengan era millenial. [...]

Aku dan Hilangnya Sevel (7 Eleven)

Jika kalian berpikir seperti perasaan jatuh cinta ala konsumerisme, maka bukan itu. Aku tidak mencintai franchise asing seperti Sevel, tentu saja, hanya kukira aku mencintainya tetapi dari sudut pandang berbeda. Terkadang pun aku berharap Indonesia bisa seberani Kuba untuk berdiri sendiri tanpa ada ribuan produk asing yang menyerbu negeri tanpa ampun setiap tahunnya. Tetapi Indonesia [...]

The Different of Language

Pernah mengamati Facebook? Sadar nggak kalau Facebook tidak pernah bertanya “Apa yang ingin kamu tuliskan” tetapi bertanya apa yang kamu pikirkan. Dengan begitu, sebetulnya Facebook membangun konsep, kumpulan banyak pikiran dalam komunitas sosial (sumber: Tuhan dalam Secangkir Kopi, kata pengantar). Tahun 2016 lalu, seorang teman penaku merilis sebuah buku. Saat itu aku menulis review bukunya. [...]

Tujuh Puluh ‘70’

Lebih daripada 24 jam yang lalu ada beberapa ingatan yang datang begitu saja ke dalam memori ini. Sesuatu yang kembali membawaku berpikir tentang bagaimana sebenarnya hidup dan bagaimana aku menghabiskan hidupku. Hal itu kemudian membawaku pada kesimpulan bahwa sebenarnya aku menjalani hidupku dengan cukup baik, tidak buruk. Pernahkah kamu bertanya-tanya apa kebahagiaan itu? Sulit untuk [...]

Cerita Ngopi di J Coffee

Semua udah pasti tahu J Co kan ya. Nah aku punya cerita soal jalan ke kafe J Co ini. Jadi sebenarnya udah sejak lama aku pengen banget main ke J Co, cuma ya nggak pernah kesampaian aja. Aku ini jenis orang yang punya masalah kalau datang ke tempat baru bernama kafe. Masih nggak ngerti aja [...]

AIRPLANE 3: Terkesan…Bling Bling

Waktu berlalu dan ini tahun ke 5 menuju 6 ku dari 11 tahun perjalanan Elf. Aku masih disini, tentu saja. Tidak mudah untuk berpaling, bukan? Namun, bukankah dalam setiap perjalanan perjumpaan dengan orang baru dan hal baru adalah sesuatu yang wajar? Itulah tempat kita belajar ditengah perkembangan zaman yang berubah nyaris setiap saat. Menyukai hal [...]

AIRPLANE 2: PERKENALANKU YANG TERLAMBAT

Aku tidak tahu bagaimana harus memulainya, sungguh, tetapi ini tahun ketigaku di dunia blog dan aku bahkan belum sekalipun memperkenalkan diriku. Jadi, bagaimana dengan memperkenalkan diriku terlebih dahulu? Tidak? Bagaimanapun aku akan melakukannya. Kalian tidak lihat judul tulisanku, itu tentang perkenalan dan aku akan melakukannya. My name is Widya, W i d y a (spell [...]

AIRPLANE 1: CINTA ITU…KEBINGUNGANKU

Diantara banyak hal yang tidak kupahami, cinta adalah salah satunya. Aku pernah menonton sebuah drama Taiwan di tahun 2012 lalu yang mengisahkan tentang seseorang yang ingin menjadi Idol. Drama yang karenanya membuatku membenci Donghae oppa dikarenakan pendalaman perannya yang membuat frustrasi. Pada akhirnya aku berhenti melihatnya karena kehabisan kata makian. Kembali ke drama tadi - [...]

Upcoming Teaser: AIRPLANE ✈

Sulit dipercaya, “Patah hatilah jika ingin menjadi penulis hebat”. Jadi katakan, pernyataan bodoh macam apa itu? Aku bahkan sangat yakin masih mengutuknya dari satu bulan lalu hingga satu menit yang lalu tetapi...Baiklah, kukira aku patah hati pada akhirnya. Ya, aku patah hati...Patah hati pada segala hal, kebijakan di negaraku, diriku, buku-buku yang tak juga kutahu [...]

5 Detik Kedua

Setidaknya ini sudah 20 tahunan saya hidup di Indonesia, berbaur dengan masyarakat Indonesia dari berbagai latar belakang. Namun... iya, namun ada beberapa hal yang masih nggak bisa aku mengerti sampai hari ini, bahkan untuk aku yang orang pribumi yakni “hobi orang Indonesia men-judgement tanpa berpikir, yang mulia, dan selalu ingin ikut campur masalah orang lain”. [...]

Judul-Judul ‘Putus Asa’

Ada fenomena cukup menarik di Toko Buku selama beberapa bulan terakhir ini, dimana ada banyak sekali buku baru berlabel dibaca X juta kali. Hal itu dilatarbelakangi oleh penerbitan tulisan-tulisan di situs Wattpad oleh penerbit dalam negeri. Uniknya semua tulisan yang di terbitkan dari wattpad selalu dilabeli dibaca X juta kali. Memang tulisan yang di upload [...]

#Hardiknas: Keputusasaan yang tidak dibolehkan

Pendidikan... Pendidikan... Ya, Pendidikan adalah salah satu hal yang keputusasaan tidak dibolehkan didalamnya. Tidak dan tidak bisa. Kenapa? Sederhana saja, mengacu ke tulisan aku kemarin...karena pembangunan manusia adalah kunci kemajuan suatu bangsa. Sejauh ini tidak ada satu bangsa pun yang maju tanpa pendidikan yang baik. Lihat Jerman, pendidikan di negara itu sangat ketat dengan kurikulum [...]

#World Book Day: Keterlambatan yang Mengubah

World Book Day atau Hari Buku Sedunia yang diperingati setiap 23 April, awalnya adalah sebuah perayaan Hari Saint George di wilayah Kolombia. Pada perayaan ini seorang pria akan memberikan mawar kepada perempuan mereka. Namun, sejak tahun 1923 para pedagang buku mulai mewarnai festival ini sebagai penghormatan kepada Miguel de Cervantes, seorang pengarang yang meninggal pada [...]

Mencoba ‘Terbuka’

Keragaman memang melahirkan sebuah keindahan menyejukkan. Namun, seperti sebuah kotak persegi panjang, keragaman juga menciptakan sisi lain yang sama sekali berbeda dengan sisi lainnya. Artinya dia memerlukan perlakuan khusus. Ya, sebuah kepekaan untuk saling menghargai demi terciptanya kedamaian diantara perbedaan. Terkadang ada suatu waktu dimana aku merasa cukup terbuka, namun di situasi lain, ternyata itupun [...]